UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi penerapan target costing di depo intras perum ppd sebagai solusi peningkatan laba operasi

Zulkarnain Darius; Ancella Anitawati Hermawan, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Perum PPD badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa transportasi bus dalam kota yang kegiatan aktivitas usaha terbagi ke lokasi depo-depo yang berada diwilayah Jabotabek Saat ini Perum PPD mengalami kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran gaji karyawan yang dianalisa akibat rendahnya laba kotor usaha dan biaya pokok operasi yang tinggi.
Studi karya akhir adalah kajian penerapan icon target costing di salah satu depo (unit usaha) PPD. Maksud dan tujuan dengan penerapan target costing apakah dapat dilakukan proses efisiensi biaya pokok operasi agar target laba kotor usaha dan target biaya operasi yang ideal dapat tercapai dan depo unit usaha dapat memenuhi kewajiban beban usaha antara lain pembayaran gaji pokok karyawan. Metode penelitian dengan mengambil data sekunder dari Depo lntras (Halim) dan pengamatan langsung diskusi dengan karyawan Perum PPD.
Hasil dari penerapan target costing diproyeksikan beban biaya operasi dapat diturunkan dan Rp694,950,736 atau sebesar 71% Rp 553,389,120 atau sebesar 56% dari total pendapatan dan laba operasi diproyeksikan dapat ditingkatkan menjadi 44% dari total pendapatan sebesar Rp429,973,889. Hasil dari proses target costing telah mencapai target allowable cost dan target laba operasi yang direncanakan yaitu sebesar 56% dan 44% dari total pendapatan
Proses efisiensi biaya antara lain meliputi:
? proses realokasi bus dengan kapasitas cc lebih kecil ke rute tempuh km lebih jauh agar biaya solar dapat dihemat
? Proses penggunaan ban jenis vulkanisir untuk penghematan biaya ban
? Penggunaan oli yang mempunyai asumsi masa guna km tempuh lebih besar
? Perhitungan anggaran biaya suku cadang berdasarkan asumsi masa guna pemakaian dengan total km tempuh bus
Direncanakan akan dilakukan pengawasan setelah proses efisiensi biaya agar kualitas jasa pelayanan tetap menjadi lebih baik. Kelemahan dari studi ini adalah karena keterbatasan waktu dan data target costing hanya dilakukan di salah satu depo unit usaha dan tidak meliputi seluruh depo dan Kantor Pusat Perum PPD. Kondisi permasalahan saat ini Perum PPD tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran seluruh karyawan depo dan Kantor pusat.
Khususnya Kantor pusat yang tidak mempunyai kegiatan aktivitas operasi bus unit usaha harta menerima setoran pendapatan bersih dan seluruh depo-depo unit usaha. Sehingga untuk dapat mengetahui secara akurat kemampuan Perum PPD di dalam memenuhi kewajiban beban usaha keseluruhan harus dilakukan perhitungan target laba operasi ideal dari seluruh depo untuk dapat mengetahui kemampuan Perum PPD di dalam memenuhi seluruh kewajiban gaji karyawan.

 File Digital: 1

Shelf
 T 17499-Studi penerapan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17499
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17499 15-20-586225890 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 106556
Cover