UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan persepsi mengenai pemeriksaan dahak dengan kepatuhan pemerikasaan ulang dahak pada penderiata TB PARU BTA Positif di kota Bengkulu Tahun 2005 - 2006

Yuliansyah; Asri C. Adisasmita, supervisor; Anwar Hassan, examiner; Senewe, Felly Philipus, examiner; Sulistyo, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Program penanggulangan TB paru dengan strategi Directly Observesd Treatment Short-Course (DOTS) di kota bengkulu telah memberikan basil yang baik, di mana angka penemuan kasus sudah mencapai 70,6% dari target nasional 70%, tetapi angka kesembuhan masih rendah (72,24%) dari target nasional 85 %, Masih banyaknya (20,36%) penderita yang telah selesai pengobatan namun tidak melakukan pemeriksaan ulang dahak menapakan salah satu penyebab rendahnya angka kesembuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi penderita mengenai pemeriksaan dahak dengan kepatuhan pemeriksaan ulang dahak pada penderita TB Para BTA positif yang telah menyelesaikan pengobatan, di Kota Bengkulu.
Pada penelitian ini sebagai variabel dependennya adalah tidak dilaksanakannya pemeriksaan ulang dahak dan variabel independen utama persepsi mengenai pemeriksaan dahak dan variabel lainnya Jenis Kelamin, Pendidikan, Pengetahuan, Umur, Jenis PMO, Jenis Kelamin PMO, Pendidikan PMO, Peran PMO, Pelayanan Petugas, Jarak, Biaya.
Disain penelitian ini adalah kasus kontrol. Sampel adalah semua penderita TB Paru BTA positif, berumur ¡Ý 15 tahun yang telah selesai mendapatkan pengobatan dengan strategi DOTS dari I Januari 2005 s.d. Juni 2006 di 16 Puskesmas Kota Bengkulu dengan jumiah sampel 154 orang terdiri 78 kasus dan 78 kontrol.
Penelitian ini menyimpulkan ada hubungan antara persepsi penderita mengenai pemeriksaan dahak dengan tidak dilaksanakarya pemeriksaan ulang dahak pada penderita TB paru BTA positif yang telah menyelesaikan pengobatan di Kota Bengkulu. Dengan nilai OR sebesar 4,13(95%CI:1,98 - 8,62) dapat diinterprestasikan bahwa penderita TB Paru yang mempunyai persepsi mengenai pemeriksaan dahak itu kurang balk memiliki peluang 4,13 kali untuk tidak melaksanakan pemeriksaan ulang dahak.
Penelitian ini menyarankan untuk memperbaiki persepsi mengenai pemeriksaan dahak dan juga meningkatkan pemeriksaan ulang dahak pada penderita hendaknya dilakukan penjelasan mengenai pengobatan dan pemeriksaan dahak setiap penderita akan memulai pengobatan TB paru, kunjungan rumah kepada penderita yang tidak melakukan pengobatan teratur dan tidak periksa ulang dahak dan promosi kesehatan mengenai penyakit TB Paru kepada masyarakat, meningkatkan pelayanan petugas kesehatan clan juga agar penderita TB Paru diberikan ASKESKIN.

 File Digital: 1

Shelf
 Hubungan persepsi-TOC (T 18988).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18988
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ; computer
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 88 pages ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18988 15-19-212842032 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107039
Cover