UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Akuntabilitas media cetak dalam menyampaikan informasi kepada publik: studi kasus pada harian Ekonomi Bisnis Indonesia

Lahyanto Nadie; Djoko Prihardono, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tesis ini merupakan penelitian yang menggambarkan akuntabilitas media cetak dalam menyampaikan informasi kepada publik. Berangkat dari pemikiran bahwa pembangunan ekonomi Indonesia telah gagal dan harus dilakukan pembangunan sosial yang lebih berorientasi kepada pembangunan manusia, maka media massa mempunyai peranan yang cukup signifikan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Peneiitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan akuntabilitas media cetak dalam menyampaikan informasi kepada publik dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas daiam menyampaikan informasi kepada publik. Sehingga juga diketahui apakah Harian Ekonomi Bisnis Indonesia melaksanakan akuntabilitasnya sesuai dengan falsafah, visi dan misi organisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang mengatur akuntabilitas serta penegakan hukum yang memadai juga tingkat keterbukaan (transparansi) pengelolaan organisasi.
Penelitian ini diiakukan menggunakan teknis analisis data kualitalif berdasarkan pengamalan langsung dan wawancara serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan topik penelitian yang diolah secara deskriptif, dengan harapan dapat menggambarkan fenomena yang terjadi di dalam organisasi secara utuh dan dalam kondisi yang sebenarnya.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya untuk menyampaikan informasi kepada publik telah melalui proses akuntabilitas namun belum mengubah prilaku yang Iebih positif kepada masyarakat sehingga belum dapat dikatakan akuntabel meskipun telah dilakukan dalam perencanaan penulisan sampai kepada penyampaian berila kepada publik. Meskipun dalam pelalsanaan penyampaian infomiasi kepada publik dinilai sudah melalui proses akuntiabilitas tapi masih terdapat kelemahan-kelemahan pada Harian Ekonomi Bisnis Indonesia sehingga pembaca belum memperoleh sesuatu yang baru dan menjadi bahan untuk referensi dalam mengambil keputusan dan mengubah prilaku dalam mengelola perusahaan sesuai dengan misi Bisnis Indonesia yaitu menjadi referensi bisnis terpercaya.
Dalam tesis ini juga disarankan untuk meningkatkan akuntabilitas media cetak dalam menyampaikan informasi kepada publik maka sebaiknya Bisnis Indonesia mengubah pola pemberitaan khususnya rubrik bursa bukan sekedar memberitakan peristiwa yang sudah terjadi tetapi prediksi dan analisis serta rumors yang berkembang. Perlu melakukan survei rutin di kalangan pembaca sebagai umpan balik bagi Harian Ekonomi Bisnis Indonesia untuk memberikan pendapat perihal aktualitas dan kebenaran berita yang dimuat oleh Harian Ekonomi Bisnis Indonesia. Selain itu, perlu dikembangkan budaya kerja yang senantiasa diarahkan untuk mencapai vsi dan misi perusahaan serta idealisme pers yang bebas dan bertanggung jawab serta memberi nilai tambah bagi kemajuan bangsa dan negara. Hal Iain yang penting adalah perlu dibentuk dewan etik di tingkat internal Bisnis Indonesia yang berfungsi untuk mengawasi kinerja para wartawan khususnya dalam independensi berita yang disampaikan mhingga tetap bersikap independen meskipun ketika berhadapan dengan pemilik modal dan keinginan pasar. Saran Iainnya adalah meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan bagi para wartawan, menelapkan code of conduct juga termasuk pengawasan dan pengenaan sanksinya. Di samping itu juga perlu dikembangkan prosedur standar mengenai pemuatan berita, pemilihan nara sumber dan perlindungan saksi. Prosedur ini seyogyanya dapat diketahui oleh masyarakat.

 File Digital: 1

Shelf
 T21912-Lahyanto Nadie.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T21912
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 135 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21912 15-20-804443967 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107116
Cover