UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Identifikasi variabel makro yang mempengaruhi return saham yang tergabung dalam indeks LQ45

Suradi Tanadi; Manurung, Adler Haymans, 1961-, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Dalam penelitian ini, penulis mencoba mengidentifikasi variabel makro yang mempengaruhi return saham yang tergantung dalam indeks LQ45 maupun yang mempengaruhi indeks LQ45 itu sendiri. Periode pengamatan adalah Januari 1998 sampai dengan Desember 2002. Sampel yang digunakan adalah saham-saham yang secara kontiniu masuk dalam perhitungan indeks LQ45 selama lima tahun tersebut. Kedua belas saham tersebut adalah ASII, BMTR, GGRM, HMSP, INDF, ISAT, KLBF, MPPA, RALS, SMGR, TINS, dan TLKM.
Model statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan variabel babas adalah faktor ekonomi makro yaitu inflasi, SBI, kurs rupiah terhadap US dollar, tingkat suku bunga deposito 1 bulan pada bank-bank pemerintah, tingkat suku bunga deposito 12 bulan pada bank-bank pemerintah dan indeks saham luar negeri yaitu indeks Dow Jones, Hang Seng, Strait Times, Nikkei 225, dan NASDAQ.
Hasil dari penelitian menunjukkan hanya indeks Dow Jones yang mempengaruhi secara signifikan return dari indeks LQ45 dan saham TLKM. Saham ASII dan BMTR hanya dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap US dollar, Sedangkan tidak ada satu variabel pun yang mempengaruhi return saham GGRM dan RALS. Sementara itu, ada tiga variabel yaitu tingkat suku bunga deposito 12 bulan pada bank pemerintah, indeks Dow Jones, dan indeks Hang Seng yang mempengaruhi return saham HMSP. Dan ada tiga variabel juga yang mempengaruhi secara signifikan saham MPPA, yaitu tingkat suku bunga deposito 12 bulan pada bank pemerintah, indeks Dow Jones, dan kurs rupiah terhadap US dollar. Saham IND hanya dipengaruhi olch inflasi dan kurs rupiah terhadap US dollar. Sedangkan saham ISAT dipengaruhi oleh kurs rupiah terhadap US dollar dan indeks Dow Jones.
Hanya inflasi yang mempengaruhi return saham SMGR dan hanya indeks NASDAQ saja yang signifikan mempengaruhi return saham TINS. Sedangkan return saham KLBF hanya dipengaruhi oleh tingkat suku bunga deposito 12 bulan pada bank pemerintah.

 File Digital: 1

Shelf
 T18446-Identifikasi variabel-TOC.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata

No. Panggil : T18446
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Catatan Bibliografi :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18446 15-20-846722484 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107526