UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Memahami potensi liquidity risk pada investasi obligasi korporasi

I Wayan Sudiarta; Lufti Julian, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

High return high risk. Investasi pada corporate bonds mengandung resiko (risky asset). Return berbanding lurus dengan resiko. Pemahaman yang baik terhadap resiko investasi merupakan salah satu langkah penting dalam mengantisipasi potensi kerugian yang dapat membahayakan niiai investasi dan kesejahteraan investor. Pada obligasi, resiko secara umum dicerminkan oleh peringkat obligasi. Peringkat yang makin tinggi menandakan kualitas obligasi yang semakin baik.
Resiko likuiditas adalah salah satunya. Frekuensi transaksi obligasi mencerminkan potensi resiko likuiditas yang ada, Frekuensi transaksi semakin sering, resiko likuiditas semakin kecil. Resiko tersebut penting baik bagi investor dengan orientasi investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Potensi resiko tersebut dapat dicermati melalui kualitas masing-masing obligasi. Melalui penelitian sederhana, dilakukan pengujian mengenai hubungan/korelasi antara kualitas obligasi dengan potensi resiko likuiditas dalam upaya mengetahui pengaruh perubahan kualitas obligasi terhadap perubahan likuiditas. Pengujian lain adalah menguji pengaruh kualits terhadap harga obligasi yang terjadi di pasar. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode statistik parametik (regresi). Hasil pengujian memberikan kesimpulan bahwa secara umum resiko likuiditas berbeda secara signifikan pada perbedaan tingkat kualitas obligasi. Semakin bagus kualitas/peringkat obigasi maka tingkat likuiditasnya makin baik yang berarti tingkat resiko likuiditas semakin rendah. Namun demikian perubahan kualitas peringkat yang tidak berlebihan (ertrent) tidak akan banyak berpengaruh pada tingkat likuiditas obligasi investor.
Melalui pengujian diketahui pula bahwa resiko mempengaruhi harga obligasi dengan sifat hubungan negatif. Pada bagian akhir, penulis juga menganalisis bahwa tingkat kestabilan resiko likuiditas obligasi yang dipegang investor mengikuti stabilitas peringkat menurut transition analysis dari Pefindo. Penelitian ini hanya memberikan gambaran awal adanya resiko likuiditas di pasar. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendalami potensi resiko tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 Memahami potensi Full text (-T 18482).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18482
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18482 15-21-210323154 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107544
Cover