UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengkajian penerapan pengelolaan outsourcing transportasi internal karyawan: studi kasus pada PT. AAA

Setyo Hadi Raharyo; Martunus M. Haris, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dalam beberapa tahun terakhir ini tingkat kompetisi industri meningkat dengan sangat tajam, sebagai akibat dari perubahan situasi pasar global, makin ketatnya posisi supply dan demand, dan makin majunya tehnologi informasi. lni semua telah menjadikan para pemain disemua industri untuk berpikir guna mencari altematil solusi yang paling baik dalam memasuki dunia yang tidak ada kompromi. Untuk itu tidak ada cara lain bagi perusahaan kecuali membuat dirinya ramping dan kuat agar bisa memenangkan persaingan. Memangkas dan merestrukturisasi sruktur biaya perusahaan adalah salah satu cara untuk membuat ramping tapi kuat. dan untuk itu outsourcing dianggap sebagi salah satu cara yang efisien untuk mengatasi permasalahan ini baik untuk jangka pendek maupun panjang.
Outsourcing telah menjadi kata yang paling popular bagi manajemen yang bepikir tentang isu-isu strategis. Outsourcing telah menjadi alat bagi manajemen tidak hanya untuk memecahkan masalah perusahaan dalam jangka pendek, tetapi juga menjadi alat yang fundamental untuk mendukung tujuan perusahaan. Alasan yang bersifat taktis beralih kearah yang Iebih strategis.
PT. AAA, sebagai salah satu pemain utama dalam industri petrokimia di Indonesia. telah berada dalam posisi yang sangat bet-at. dirnana tekanan biaya dari bahan baku tidak pemah berakhir. Demikian pula bagi konsumen akhir industri polyester di Indonesia telah menderita, tidak hanya dari mahalnya harga bahan baku, tapi juga mahalnya biaya energi dan murahnya produk polyester yang masuk dari Cina.
Outsourcing trasnportasi internal karyawan adalah salah satu strategi yang diambil oleh PT. AAA sebagai hasil dari proses restrukturisasi kondisi perusahaan dalam merespon tekanan kompetisi yang sangat kuat. Outsourcing ini telah dilakukan selama hampir setahun oleh PT. AAA. Beberapa pekerja telah diberikan penggantian yang cukup dalam rangka program pensiun dini dalam proses restrukturisasi ini. Biaya restrukturisasi ini baik secara sosial maupun finansial, walaupun besar akan tetapi tidak dapat dihindari.
Saat ini hasilnya sudah mulai nampak, beberapa penghematan telah bisa dikalkulasikan. dan sumber daya telah dialokasikan secara tepat. Perusahaan saat ini sedang mencari keuntungan dan penghematan yang potensial lainnya selama periode tiga tahun kontrak outsourcing.

In the late years the industry competition has sharply increased, due to rapid change of global market situation, tighter supply and demand position, and frog leap of information technology. This has leaded all the industrial players to think and to find the best alternative solution for the company to enter the world of no compromise. There is no other way out for the company except to make it lean and strong in order to win the competition. Streamlining and restructuring the company cost structure is one of the ways, for make them lean but strong. For that, outsourcing is believed to be the most efficient way to solve the problem in both short and long term.
The outsourcing has becoming the most popular world for the management who think of the strategic issue. It has been a tool for the management for not only solving short term company requirement, but has also become a fundamental part for supporting long term company objective. The tactical reason could be shifted to the strategic reason.
PT. AAA, as one of leading petrochemical player in Indonesia, has been in the tough situation when the strong cost push from feedstock raw material has never been over. since all the way from upstream to downstream price of raw material never yet indicating any pressure relief. The end users or the customers are not even in any better position. The polyester industry in Indonesia has been suffering from not only high raw material price, but also high energy cost and cheap polyester product from China.
The Outsourcing of Internal Transportation for employees is one of the strategies that PT. AAA has to pursue as a result of restructuring the company condition in respond to the strong competition pressure. It has been almost one year for the company in conducting the outsourcing. Several workers have been restructured with full amount of early retirement package. The restructuring cost of both socially and financially for this, even though not small but can not be avoided.
Now the result begins to clear, saving can be calculated, and resources can be properly allocated. The company then seeks for the progress of another potential benefit or saving along with the continuance of the three years Outsourcing Contract period.

 File Digital: 1

Shelf
 T 18420a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18420
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18420 15-21-647131098 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107617
Cover