UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbandingan uji tapis bayley infant neourodevelopmental screener (BINS) dengan uji tapis Denver II untuk deteksi dini keterlambatan perkembangan bayi usia 3-24 bulan dengan menggunakan baku emas griffith mental development scales

Harahap, Roito Elmina Gogo; Partini Pudjiastuti Trihono, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Anak merupakan aset keluarga, masyarakat, dan bangsa sehingga harus mendapatkan pembinaan jasmani, mental spiritual dan sosia] sejak dini mengingat pada masa lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa keemasan di dalam pembentukan dasar-dasar kepribadian anak. Agar mampu menjadi generasi penerus di masa depan, anak harus dipersiapkan sebaik-baiknya, termasuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Di sini menyangkut proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya, termasuk perkembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan Iingkungannya.
Penyimpangan perkembangan pada balita tanpa kelainan organik sukar dideteksi dengan pemeriksaan finis secara rutin. Mereka tampak normal namun akan mendapatkan kegagalan pada saat mulai sekolah. Di Amerika didapatkan 12% sampai 16% anak mengalami keterlambatan perkembangan. Di Canada . 16% anak usia 4-5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan bicara. Di Thailand 16,3% anak kurang dari 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan. Di Indonesia, penelitian-penelitian terhadap keterlambatan perkembangan pada balita mendapatkan angka yang bervariasi antara 12,8% sampai 28,5%. Oleh karena itu perlu diketahui penyimpangan perkembangan secara dini. Pengetahuan mengenai perkembangan bayi yang normal dan variasinya harus dikuasai agar dapat merencanakan tata Iaksana yang tepat dan dapat membantu pasien dan keluarganya semaksimal mungkin.

 File Digital: 1

Shelf
 T 20865-Perbandingan uji.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T20865
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20865 15-20-194248306 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107891
Cover