UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis praktek internal public relation dalam membangun communication relation

Pandjaitan, Ivan Sahat Hartawan; Eduard Lukman, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Konsep tanggung jawab sosial korporat melahirkan tantangan bagi pars praktisi Public Relations (PR). Melalui konsep ini citra atau reputasi organisasi hares diikhtiarkan agar tetap terjaga. Melalui kegiatan community relations (CR), organisasi bisnis dituntut untuk memainkan peran dalam mengatasi permasalahan sosial yang dialami sate komunitas. CR menjadi efektif apabila manajemen PR efektif dan dimulai dari kesadaran publik internal. Karena itu menjadi panting untuk mengetahui apakah departemen PR di organisasi telah memiliki karakteristik PR efektif, khususnya ketika menjalankan CR, seperti yang dilakukan oleh PT. Jamsostek (Persero).
Penelitian mengenai bagaimana manajemen PR dalam menjalankan fungsi dan peran internalnya pada CR agar efektif dan sukses berfokus pada tifa tingkatan, yaitu: organisasional, fungsional, dan program. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan mewawancarai 20 orang responden terdiri dari: tiga orang menajemen senior, delapan orang manajemen menengah, sembilan orang operasional. Penelitian ini mengevaluasi dua program utama PR, yakni publikasi ing-griya dan pengembangan masyarakat (community development).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek PR di PT. Jarnsostek (Persero) mempunyai potensi balk bagi efektivitas CR karena Departemen PR memiliki akses pada subsistem manajerial, menerapkan model dua arah asimetrikal dan mendapat dukungan manajemen. Namun pada ciri-ciri lain seperti manajemen strategis, proses perencanaan strategis masih cenderung lemah.

 File Digital: 1

Shelf
 Analisis praktek Full text (T 21520).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T21520
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Physics
Type
Format
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21520 15-21-724268663 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 109169
Cover