UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pelaksanaan pelatihan abon ikan dalam program pembinaan usaha nelayan di kawasan Sabang

Syachirial; Ety Rahayu, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang Pelaksanaan Pelatihan Abon Ikan dalam Program Pembinaan Usaha Nelayan termasuk hal-hal yang mempengaruhi pelaksanaan Pelatihan Abon Ikan di Kawasan Sabang. Pelatihan Abon ikan merupakan salah satu kegiatan dalam pelaksanaan Program Pembinaan Usaha Nelayan yang dilaksanakan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) sebagai program kerja pada tahun 2004 untuk mengembangkan masyarakat pesisir di Kawasan Sabang.
Penelitian ini dilakukan pada tahun 2005 terhadap pelatihan abon ikan yang telah diselenggarakan di tahun 2004, yang mendasari pelatihan ini adalah, dengan telah diadakannya pelatihan bagi masyarakat nelayan di kawasan Sabang telah menunjukan perbaikan kualitas terhadap produksi abon dalam hal rasa dan kemasan namun masi ditemukan kendala dalam pemasaran abon ikan di kawasan Sabang sehingga peningkatan pendapatan masyarakat pesisir kawasan Sabang sebagai tujuan akhir dari program pembinaan usaha nelayan belum tercapai.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif melalui study kepustakaan, wawancara dengan informan. Pemilihan informan dilakukan dengan purporsif sampling terhadap staf BPKS yang juga merupakan panitia pelaksana kegiatan pelatihan pembuatan abon ikan, pelatih di pelatihan pembuatan abon ikan, peserta pelatihan abon ikan, panglima !apt kawasan sabang, warga masyarakat netayan di Kawasan Sabang dengan jumlah responden adalah 12 orang.
Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan pengembangan kawasan pesisir dan pembangunan sektor perikanan serta konsep pelatihan sebagai kerangka pikir untuk menganalisis temuan lapangan tentang pelaksanaan pelatihan abon ikan dalam program pembinaan usaha nelayan di kawasan Sabang.
Secara umum pelaksanaan pelatihan abon ikan sudah terlaksana sebagaimana direncanakan oleh pihak panitia penyelenggara, dimana dalam pelatihan abon ikan telah ditetapkan jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang ibu-ibu rumahtangga isteri para nelayan kawasan Sabang, didukung oleh 4 orang pelatih yang telah berpengalaman yang bertugas melatih terhadap materi yang fetish ditentukan oleh pihak panitia, kemudian jadwal pelaksanaan pelatihan selama 4 hari diadakan pada bulan Juni 2004.
Pelaksanaan pelatihan abon ikan dalam program pembinaan usaha nelayan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelatihan abon ikan, baik yang bersifat mendukung pelaksanaan pelatihan maupun yang bersifat menghambat pelaksanaan pelatihan, adapun faktor yang mendukung pelaksanaan pelatihan adalah berasal dari keterampilan dasar peserta dalam membuat abon, pelatih yang berpengalaman, materi yang mendukung tujuan pelatihan, jadwal pelaksanaan yang sesuai dengan kesempatan peserta serta metode pelatihan yang tepat untuk untuk meningkatkan keterampilan peserta.
Sedangkan faktor penghambat berasal dari rendahnya tingkat pendidikan peserta pelatihan dan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terlatu ramai dan tidak terpantau oleh pelatih, kemudian berbagai kendala yang menjadi penghambat tersebut direkomendasikan dalam bentuk saran untuk perbaikan pelaksanaan pelatihan kedepannya.

 File Digital: 1

Shelf
 Pelaksanaan pelatihan Full text ( T 22129) .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T22129
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22129 15-21-849232287 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 109188
Cover