UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aplikasi program public responsibility dalam memenuhi fungsi public relations

Mila Purnama Sari; Harsono Suwardi, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Setiap perusahaan mempunyai tanggung jawab kepada publiknya Keberadaan suatu perusahaan ditentukan oleh public perusahaan tersebut. Oleh karenanya pelaksanaan dari kewajiban tersebut adalah mutlak sifatnya. Fungsi intermediasi antara perusahaan dengan publiknya tersebut menjadi tanggung jawab Public Relations.
Arti penting Public Relations berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, tergantung dari besarnya perusahaan dan jenis produk atau pelayanan yang dihasilkan atau diberikannya PT PAM Lyionnaise Jaya (PALYJA) adalah salah satu perusahaan pemroses, penyuplai dan pendistribusian air bersih terbesar di Indonesia Produk dan pelayanan yang mereka berikan kepada pelangganya merupakan kebutuhan dasar bagi mereka dan termasuk dalam "hajat hidup orang banyak". Adalah merupakan suatu tantangan bagi Public Relations PALYJA mempunyai publik eksternal yang demikian beragam, dari mulai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PAM Jaya, Badan Regulator, LSM sampai pelanggan yang juga tinggi keragamannya dari mulai masyarakat kelas bawah, menengah sampai kalangan atas.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian yaitu siapa saja publik PALYJA yang beragam dan apa tanggung jawabnya kepada mereka, program-program apa saja yang dilakukan oleh PALYJA agar tanggung jawab publiknya tersebut dapat terpenuhi dengan baik, langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh PALYJA dalam melaksanakan kewajiban atau pengetrapan fungsi dari public responsibility nya sebagai perpanjangan tangan dan tugas-tugas public relations department nya, serta bagaimana efektifitas penerapan program public responsibility tersebut bagi perusahaan PALYJA dan apa manfaatnya bagi perusahaan secara menyeluruh?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriftif. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara dengan wawancara tidak terstruktur dan mendalam atau indept interview dengan informan pilihan yang dianggap cukup mewakili dan mengetahui mengenai program-program public relations di PALYJA, yaitu manajer public relations, dan seorang internal perusahaan yang juga berhubungan dengan publik ekstemal yaitu Contract Compliance di level manajer serta penerima program yaitu pelanggan.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa public eksternal perusahaan belum dapat diidenfikasi secara mendalam, yang berimplikasi kepada belum dilaksanakannya program-program PR yang panting kepada semua public utama PALYJA yang sangat beragam dan kritis. Tanggung jawab PALYJA kepada publiknya adalah memberikan fungsi intermediasi juga belum berjalan secara maksimal. Citra PALYJA yang ingin dicapai PR adalah citra positif perusahaan dan bahwa perusahaan professional serta transparan dalarn kegiatannya Aplikasi program-program public responsibility telah dilaksanakan meskipun efektifitasnya belum dapat diukur secara jelas dan masih perlu ditingkat kembali terutama dalam system evaluasinya.
Hasil penelitian ini diharapkan secara praktis dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi aplikasi program public relations secara lebih efektif terutama dari segi perencanaan dan system evaluasinya. PeneIitian ini juga diharapkan memberikan manfaat sosial balk bagi individu maupun kelompok orang yang menjadi publik dari suatu perusahaan, berupa pengetahuan mengenai hak-halmya sebagai publik dari perusahaan terutama publik eksternal.

 File Digital: 1

Shelf
 Aplikasi program - Full text (T 22106) pdf.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T22106
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22106 15-21-204516590 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 109306
Cover