UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pelaksanaan diseminasi informasi publik oleh lembaga pemerintah : studi pada lembaga informasi nasional

Gun Gun Siswadi; Eduard Lukman, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Paradigma komunikasi dan informasi teiah terjadi perubahan sangat mendasar terutama pada konsep dan praktek komunikasi. Saat ini proses komunikasi Iebih cenderung bersifat sirkuler, tidak Iagi Iinier. Demikian juga dengan peran pemerintah yang semula dominan sebagai penyedia dan pengatur informasi teiah berubah menjadi penyedia dan fasilitator informasi dan komunikasi. Sementara itu, permasalahan komunikasi dan informasi yang dihadapi adalah masih sering teriadinya kesimpangsiuran informasi daiam menyampaikan kebijakan dan aturan maupun Iayanan yang dikeluarkan oleh berbagai instansi pemerintah. Akibatnya terjadi kesenjangan informasi baik antar wilayah maupun antar pribadi.
Perubahan paradigma tersebut sangat berpengaruh pada kegiatan di bidang komunikasi dan informasi Iermasuk pelayanan informasi yang dilaksanakan pemerintah. Lembaga Informasi Nasional (LIN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mengemban tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pelayanan informasi nasional melaiui diseminasi informasi harus dapat mengantisipasi perubahan paradigma tersebut. Oleh karena itu, strategi komunikasi diseminasi informasi pubiik yang dilakukan oleh LIN menggunakan berbagai media baik meialui media elektronik, media cetak, media Iuar ruang, media tatap muka, dan media on-line.
Pokok bahasan dalam tesis ini adaiah mengenai strategi komunikasi diseminasi informasi publik yang dilaksanakan LIN. Sedangkan analisis yang digunakan daiam studi ini adaiah menggunakan metode peneiilian kualitatif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara mendalam atau depth interview. Penggunaan teknik ini disebabkan memiliki sejumiah kelebihan antara Iain dapat lebih cepat memperoleh informasi yang diharapkan.
Kerangka konsep yang digunakan daiam penelitian ini adaiah disesuaikan dengan tujuan penelitian. Oleh karena itu pendekatan yang digunakan adaiah dengan menggunakan strategi komunikasi berdasarkan konsep marketing communications plan (P.R Smith, 1998). SOSTAC Planning System.
Dalam melakukan strategi diseminasi informasi publik yang dilakukan LIN adalah dengan menggunakan pendekatan media dan masih bersifat parsiai dan belum terintegrasi, Sehingga tidak atau belum menggunakan strategi pemasaran modem atau STP (Segmentation, Targeting, Positioning) marketing yang merupakan inti dari strategi pemasaran modern. Disamping itu daiam pelaksanaan tugas dan fungsi belum memiliki SOP (standard Operation Procedure) sebagai acuan dan mekanisme dalam menyelesaikan program dan kegiatan.
Oleh karena itu, daiam merancang strategi komunikasi diseminasi informasi publik terlebih dahulu harus ditakukan pemetaan atau pengkajian terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Sehingga strategi yang disusun akan sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan situasi dan kondisi.
Adapun rekomendasi akademik yang disarankan adalah perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang karakteristik khalayak sasaran, baik dari aspek konseptual, teoritikal dan metodologi.

 File Digital: 1

Shelf
 T22326-Gun Gun Siswadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T22326
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 110 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22326 15-21-497790782 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 109791
Cover