Indofood sebagai perusahaan dominan dalam industri mie instant menerapkan berbagai strategi agar tetap memiliki pangsa pasar yang paling besar. Berbagai strategi yang diterapkan berupa strategi pemasaran yang gencar melalui periklanan dan promosi serta melakukan berbagai starategi untuk membendung serangan kompetitor potensial dengan Cara melakukan integrasi vertikal. Cara ini tentu saja akan menguasai seluruh sektor dari hulu (produksi) ke hilir (pemasaran) dalam industri mie instan.
Perilaku PT. Indofood Sukses Makmur sebagai perusahaan dominan yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan dan memperbesar pangsa pasar serta upaya memenangkan persaingan.
Berdasarkan uraian di atas, permasalahan pokok yang dianalisis dalam tulisan ini adalah mengenai struktur pasar dan kebijakankebijakan yang menghambat atau mendorong persaingan usaha. Perumusan masalah dalam tesis ini adalah sebagai berikut :
1. Menganallsis struktur pasar pada industri mie instant di Indonesia.
2. Apakah konsentrasi pasar dalam industri mie instant mengalami perubahan pada periode tahun 1991 - 2005 seirina dengan bertambahnya jumlah produsen mie instant
Menganalisis perilaku perusahaan dominan dalam industri mie instant dengan memodelkan kebijakan yang diterapkannya pada kurun waktu 1991 - 2005.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji :
1. Struktur pasar pada industri mie instant di Indonesia.
2. Dinamika struktur industri mie instant di Indonesia.
3. Mengkaji pengaruh harga terhadap permintaan produk mie instant ukuran 70 gram dan sejauh mana perusahaan di industri mie instant dapat menentukan harga jualnya.
4. Mengkaji seberapa jauh kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan dominan dalam penguasaan pangsa pasar dan usaha untuk memaksimalkan keuntungan.