UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis size effect, value effect dan model multi faktor Fama & French

Erwinta; Indra Widjaja, supervisor (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis secara empiris fenomena small firm effect dimana saham-saham dari kelompok small firm dapat mengungguli saham dari kelompok large firm dan fenomena value effect dimana saham-saham dari perusahaan kelompok value dapat mengungguli kinerja saham-saham kelompok growth berlaku dan untuk saham yang diperdagangkan pada Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis model multi faktor Fama dan French apakah menjelaskan variasi dari return saham dan nilai adjusted return (Alpha) menyangkut kedua fenomena diatas dan dapat diketahui apakah faktor risiko umum (return pasar, SMB dan HML) dalam model ini dapat menjelaskan fenomena size dan value effect di Bursa Efek Jakarta.
Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa rata-rata return saham berhubungan dengan: (1) skala usaha perusahaan (size) yang diukur dengan satuan Market Equity (ME merupakan hasil dari perkalian harga saham dikalikan jumlah seruluh saham yang beredar). (2) book-to-market-equity(BE/ME) yang merupakan rasio nilai buku dari saham terhadap nilai pasarnya.(3) rasio earning/price (ELI)), cash flow/price (CRP), dan penjualan yang terjadi di masa lalu. Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor diatas terhadap return yang terjadi dengan cars merangking seluruh saham berdasarkan skala usaha (size) dan rasio book-to-market-equity(BE/ME), serta uji model Fama dan French melalui regresi dengan memasukkan seluruh faktor yang dianggap mempengaruhi expected return.
Jika harga sama dinilai secara rasional, perbedaan yang terjadi dalam rata-rata return yang dihasilkan disebabkan oleh perbedaan tingkat resiko dari masingmasing saham. Dengan demikian dengan menggunakan penilaian secara rasional, skala usaha dan nilai book-to-market-equity merupakan ukuran tingkat sensitifitas terhadap faktor resiko umum dalam return yang dihasilkan. Bukti yang didapatkan menunjukkan ukuran skala usaha dan nilai book-to-marketequity adalah sensitif terhadap resiko yang mempengaruhi rata-rata return yang dihasilkan telah sesuai dengan penilaian harga secara rasional.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa adanya sebuah hubungan yang signifikan antara faktor pasar,skala usaha dan nilai book to market equity dan tingkat pengembalian saham yang diharapkan (expected return) di Bursa Efek Jakarta.

 File Digital: 1

Shelf
 Analisis size Full text (-T 20611).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T20611
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20611 15-21-072633838 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 110541
Cover