UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa abnormal return sekitar tanggal pengumuman merger dan akuisisi: pengujian empiris di Bursa Efek Jakarta

Maurice Rene Tulus; Sugeng Purwanto, supervisor (Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Merger dan Akuisisi (MA) adalah salah satu topik yang banyak dibicarakan orang seat ini. MA diyakini banyak pihak akan membawa pengaruh yang positif baik untuk perusahaan yang mengakuisisi dan terlebih pada perusahaan yang diakuisisi. Banyak teori yang diajukan oleh para ahli ekonomi mengenai topik ini dan hampir semuanya menyatakan bahwa MA adalah salah satu kunci sukses perusahaan untuk bertumbuh dan berkembang.
Topik MA ini semakin menarik karena adanya fenomena bahwa MA semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia sebagai salah satu strategi untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat Meskipun MA membawa pengaruh buruk pada beberapa hal misalnya menambah pengangguran tapi masih banyak manfaat lain yang diperoleh.
Keputusan perusahaan melakukan MA temyata dimanfaatkan oleh beberapa pelaku pasar untuk berusaha mencari keuntungan disekitar tanggal pengumuman MA. Mereka berusaha mendapatkan abnormal return yang positif sebelum tanggal pengumuman MA dengan cars menggunakan informasi yang diperoleh dari orang dalam. Ada beberapa penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa perdagangan dengan menggunakan informasi orang dalam akan memperoleh abnormal return yang lebih besar dibandingkan investor yang memperoleh informasi secara umum.
Penelitian ini merupakan salah satu bentuk replikasi dari penelitian yang ada sebelumnya. Penelitian ini berusaha mencari apakah terdapat kebocoran informasi sekitar tanggal pengumuman MA yang mengarah pada perdagangan dengan infonnasi orang dalam. Kebocoran informasi dalam penelitian ini ditunjukkan dengan menggunakan abnormal return yang terjadi disekitar tanggal pengumuman MA. Apabila tidak terdapat kebocoran informasi maka cummulative abnormal return (CAR) sekitar tanggal pengumuman akan berfluktuasi sekitar 0 sedangkan bila terjadi hal sebaliknya maka akan terlihat pada residual rata-rata harian positif (average abnormal return) ketika t mendekati 0 dan berkorespondensi pada pembentukan CARL.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Indonesia terjadi abnormal return yang negatif di sekitar tanggal pengumuman MA. Abnormal return yang negatif ini bisa dikatakan menunjukkan bahwa keputusan perusahaan melakukan MA tidak mendapat respon yang positif dari pelaku pasar dan dugaan mengenai adanya kebocoran informasi dapat ditepis. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan untuk penelitian selanjutnya bahwa harus juga diperhatikan adanya kemungkinan bahwa harga saham sudah dimanipulasi sedemikian rupa oleh beberapa pelaku pasar sehingga abnormal return yang positif mungkin raja terjadi jauh sebelum tanggal pengumuman MA. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Pasar Modal Indonesia sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga saham 4 emiten unggulan yakni HMSP, GG, TELKOM, dan INDOSAT. Pergerakan harga yang terjadi disekitar tanggal pengumuman MA mungkin dipengaruhi oleh adanya pergerakan harga keempat saham unggulan tersebut sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan dugaan tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 Analisa abnormal-Full text (T 20625).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T20625
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20625 15-21-681171909 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 111934
Cover