UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemanfaatan peluang pasar komoditi perikanan Amerika Serikat

Nurozy; Hutabarat, Pos M., supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara pemasok kebutuhan komoditi perikanan dunia dengan potensi produksi yang cukup besar. Sebagai sumber penghasil devisa, komoditi perikanan telah memainkan peranan yang tidak kalah penting dengan komoditi lain. Selama beberapa tahun terakhir devisa yang dihasilkan dari ekspor komoditi perikanan menunjukkan kecenderungan meningkat.


Di samping potensi yang cukup besar, sub sektor perikanan sebagai penghasil devisa juga didukung oleh beberapa faktor kondisi seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Sub sektor ini juga didukung industri pengolahan ikan yang tersebar di beberapa daerah, Sementara itu, dukungan dari pemerintah di samping mengupayakan iklim usaha yang kondusif, pengembangan sarana dan prasarana fisik, juga pengembangan ketrampilan SDM.


Meningkatnya permintaan negara-negara konsumen serta depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat memberikan peluang untuk meningkatkan akses pasar. Namun demikian, sejalan dengan adanya peluang , khususnya di pasar Amerika-Serikat ternyata Indonesia menghadapi persaingan yang ketat dengan negara-negara pemasok di samping penerapan kebijakan standard mutu yang ketat oleh pemerintah Amerika Serikat. Ketatnya persaingan dan persyaratan mutu tersebut merupakan tantangan yang harus diatasi agar peluang yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan peluang pasar Amerika Serikat serta strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemanfaatan peluang yang ada. Jenis penelitian ini adalah studi analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan "Diamond Porter". Sementara itu, untuk membantu menyusun strategi bagi peningkatan pemanfaatan peluang pasar digunakan model analisis SWOT.


Untuk meningkatkan pangsa pasar komoditi perikanan ke Amerika Serikat, maka strategi yang perlu dilakukan adalah strategi peningkatan mutu (kualitas). Dengan penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing komoditi perikanan Indonesia di pasar Amerika Serikat, karena dengan peningkatan mutu pada gilirannya kesetiaan konsumen (pelanggan) akan dapat ditingkatkan.

 File Digital: 1

Shelf
 Pemanfaatan peluang-Full text (T 5104-1).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T5104
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 102 pages: illustration; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5104 15-19-463722148 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 112231
Cover