UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Rencana bisnis kebab banditos

Frans Jaya Iskandar; Imo Gandakusuma, supervisor; Renald Kasali, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Sebelum memulai bisnis baru dalam industri apa pun, maka diperlukan perencanaan dan strategi yang matang agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan dan strategi mi juga harus didukung oleh informasi, data, analisis dan penelitian yang tercakup dalam business plan. Business Plan yang dikembangkan sendiri adalah usaha makanan fast food Kebab Banditos yang beralokasi di Pademangan dan pusat perbelanjaan Mangga Dua. Dimana dalam penelitian mi harus mencakup permasalahan mendasar yaitu; apakah potensi pasar dari kedua lokasi i, dan apakah secara finansial investasi mi Iayak untuk dijalankan. Untuk melihat kondisi dan situasi yang berkembang saat mi maka diperlukan Analisis Eksternal yang meneliti kondisi dan potensi pertumbuhan pasar, dikuti oleh Analisis Internal dengan melihat teori manajemen dan seven 's framework. Dari sisi pemasaran sendiri dasar yang digunakan adalah mengunakan Segmentasi, Targeting, Positioning dan marketing mix. Sedangkan untuk memutuskan kelayakan investasi tersebut maka digunakan analisis terhadap cash flow melalui perhitungan Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return dan Profitability Index. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan tiga skenario yaitu pesimis, realistis dan optimis ditemukan hasil sebagai berikut: (1) Dengan menggunakan analisa cash flow maka didapat periode pengembalian modal untuk skenario pesimis adalah 6 tahun. Jangka waktu tersebut diatas umur investasi yaitu 4 tahun. Sehingga dalam proyeksi mi maka dianggap tidak layak karena terjadi kerugian yang tidak mencukupi untuk pengembalian modal sebelum umur investasi. Sedangkan nilai Internal Rate of Return dibawah cost ot capital yaitu sebesar 7% dengan nilai Net Present Value Rp. (47.696.951,50). Tingkat profitablility index juga dibawah 1 yaitu sebesar 0.56, sehingga secara perhitungan untuk skenario pesimis investasi mi dianggap tidak menguntungkan dan tidak layak untuk dijalankan. (2) Untuk skenario realistis menggunakan analisa cash flow maka didapat periode pengembalian modal adalah 2 tahun 7 bulan, nilai mi masih dapat diterima mengingat masih dibawah umur investasi. Dari nilai Internal Rate of Return didapat angka 41% yang juga dianggap layak karena diatas cost ot capital. Perhitungan Net Present Value menunjukan angka Rp14.077.146,00, hasil yang positif mengindikasikan investasi mi layak. Sedangkan untuk nilai profitablility index sebesar 1.13, sehingga secara keseluruhan dalam scenario realistis investasi mi masih dianggap menguntungkan dan layak untuk dijalankan. (3) Untuk skenario terbaik yaitu optimis dengan menggunakan analisa cash flow maka didapat periode pengembalian modal adalah 1 tahun 3 bulan. Dimana nilai Internal Rate of Return tetap berada diatas cost ot capital yaitu sebesar 71% dengan nilai Net Present Value Rp 88.452.013,00. Sedangkan nilai profitablility index sebesar 1.82, sehingga secara keseluruhan untuk skenario optimis investasi mi masih dianggap menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan analisis situasi dan pertumbuhan ekonomi, maka usaha fast food Kebab Banditos untuk segmen menengah ke bawah, masih merupakan alternatif usaha yang memiliki potensi cukup besar. Beberapa faktor kunci keberhasilan dalam bisnis mi adalah produk yang disukai, pemilihan lokasi, penanganan manajemen secara professional, pelayanan yang berkualitas dan pembangunan brand name.

Before starting new business in any industry, there 's a need for planning and solid strategy for that business to go as wanted. To build a plan and strategy, it has to be backed by information, data, research and analysis which are covered in business plan. The business plan that are develop here are about fast food named Kebab Banditos which are located in pademangan area and mangga dua shopping complex. In this research there 's a basic problem that lies: what is the market potential in both location, and is the investment worth doing ifseenfromfinancialpoint of view. To see the underlying situation that rises at this moment we need to do analysis externally dan observe the potential and growth of the market followed by internal analysis by looking at management theory dan seven 's framework. From marketing point of view we are using segmentation, targeting, positioning and marketing mix. To decide the investment is valid or not than we analyze the cash flow with calculation by Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return and Profitability Index. Based on calculations done by using three scenarios which are pessimistic, realistic and optimistic it was found that: (1) For pessimistic scenario the payback period is 6. Where the Internal Rate of Return is below cost of capital that is 7% with Net Present Value Rp (41.696.951,50). The profitability index is 0.59, which in pessimistic scenario this investment is still consider to be a loss. (2) For realistic scenario the payback period is 2 years 7 months. Where the Internal Rate of Return is above cost of capital that is 41% with Net Present Value Rp 14.077.146,00. The profitability index is 1.13, which in realistic scenario this investment is still consider to be profitable and deserve to be run. (3) For optimistic scenario the payback period is 8 months. Where the Internal Rate of Return is above cost of capital that is 71% with Net Present Value Rp 88.452.013,00. The profitability index is 1.82, which in optimistic scenario this investment is very much considered to be profitable and deserve to be run. It was concluded based on the situation analysis and the economic growth, that the fast food business Kebab Banditos for the lower middle economic segment, still a good alternative business that have large potential. Several key factor for success in this business is to have likeable product, strategic location selection, professional management, good quality of service and the building of brand name.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T23078
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 73 pages : illustrastion + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T23078 15-23-95819779 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116838
Cover