UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Komodifikasi tubuh: studi terhadap empat pria metroseksual di Jakarta

Nurul Robbi Sepang; Seda, Francisia Saveria Sika Ery, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Kapitalisme saat ini menjadi sebuah sistem yang memproduksi berbagai komoditas. Dalam kaitannya dengan hal itu tuhuh telah dijadikan sebagai komoditas utama. Penelitian ini bermaksud rnenggambarkan komodifikasi tubuh melalui fenomena metroseksuai. Tujuan penetitian ini adalah untuk menggambarkan identitas pria metroseksual di Jakarta, sosialisasi identitas pria metroseksual di Jakarta, dan untuk menggambarkan komodifikasi terbadap tubuh pada pria metroseksual di Jakarta. Penelitian menggunakan teori mengenai Masyarakat Konsumsi yang diutarakan oleh Jean P. Baudrillard untuk menjelaskan permasalahan yang ada. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa kaum metroseksual sebagai bagian dari masyarakat korummsi, telah menjadikan tubuhnya sebagai objek konsumsi yang paling utama. Hasll penelitian lain adalah terbentuknya identitas soslal keum metroseksual melalui sosialisasi yang dilakukan agen sosialisasi keluarga, peerĀ­ group dan media massa. Hasil penelitian terakhir adalah ditemukan adanya sebuah proses dalam komodifikasi alas tubuh yang dialami kaum metrosekaual di Jakarta.

The Capitalism nowadayshas been a system which produces commodities. Due to it, body bas been a major object of commodity. This research is addressed to describe commodification of body on metrosexua' phenomenon. The aims ofthis research are to describe the social identity of metrosexual in Jakarta, socialization of metrosexual identity aod the commodification of body. Jean P. Baudrillard's theory of consumption society is used as a tool to analyze the phenomenon using qualitative method and descriptive type of research.
The conclusions of this research are the body has been used as the major object of consumption by metrosexual men as part of the society of consumption, Metrosexuals identity was formed through sociali7.ation by agents of socialization; family, peer-group and mass media. Finally, this research fuund the existence of a process in commodification of body on metrosexua1 men in Jakarta.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T24635
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 92 hlm. : ill. ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24635 15-20-540501370 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116852
Cover