UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perbandingan kinerja obligasi korporasi antara konvensional dan syariah ijarah

Zaima Mufaniri; Nurul Huda, supervisor; Hardius Usman, examiner; Else Fernanda, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Investasi obligasi adalah salah satu jenis dari investasi yang menarik bagi investor di Indonesia. Hal tersebut terlihat pada pertumbuhan/penerbitan obligasi yang cukup tinggi beberapa tahun belakangan ini. Penerbitan obligasi dianggap sebagai salah satu cara yang cukup mudah dalam mengumpulkan dana dari masyarakat dan juga memberikan kemudahan dari investor dalam menginvestasikan dananya. Pasar obligasi juga diramaikan oleh terbitnya obligasi berbasis syariah dengan diterbitkannya Obligasi Syariah Mudharabah dari Indosat pada tahun 2002. Dengan munculnya Obligasi Syariah maka diharapkan dapat memperluas investor yang menginginkan kepastian dari kehalalan usahanya dalam berinvestasi. Tetapi untuk dapat berkembang dengan baik maka Obligasi Syariah tidak boleh hanya bersandar pada nilai-nilai religius, karena pada dasarnya investor menginginkan keuntungan dalam usahanya, dengan demikian diharapkan Obligasi Syariah memiliki kinerja yang baik untuk dapat tumbuh dan menjadi salah satu cara investasi yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan obligasi korporasi antara konvensional dengan syariah dipandang dari dari sudut kemampuannya memberikan keuntungan dan risikonya, bagaimana frekwensi perdagangan yang terjadi pada pasar sekunder, bagaimana kinerja portofolionya berdasarkan memakai Metode Sharpe, kemudian dibandingkan bentuk portofolio optimalnya dengan memakai metode Markowitz. Penelitian dilakukan terhadap 5 buah perusahaan yang sama-sama menerbitkan 2 jenis obligasi dalam waktu yang bersamaan.

Investing in bond is one of attractive alternatives in Indonesia. We could see it, syaria bond incredible growth of bond in these lately years in the world. Syaria bond completes the diversity of investment alternatives in conventional bond which has been exist before, especially for Moslem investors, who expect a halal investment product, though as an investment product, syaria bond will not grow just by concerning in religious things. Unless supported by good performance and attractive return, syaria bond will have difficulties in attracting investors. This research was intended to measure bond by using Sharpe index to measure the performance and to compare the performance in return, risk and frequencies. At last, compare them by making portofolios using Markowitz Methods The bond observed in this research are 10 bonds which from 5 corporates who issued 2 kinds of bonds.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T24993
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 92 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24993 15-19-266989051 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 117312
Cover