UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pemasaran baru bisnis lighter/korek api melalui internet

Yuniar Rosusana; Albert Widjaja, supervisor; Mohammad Hamsal, examiner; Firmanzah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Internet pada saat ini semakin marak perkembangannya. Pengaksesan internet semakin mudah digunakan, khususnya pada masyarakat kota. Dengan adanya perkembangan tersebut, serta situasi kota-kota besar di Indonesia yang serba sibuk dan macet, maka terdapat peluang bisnis bagi perusahaan dalam electronic commerce (e-Commerce) untuk kemudahan dan kecepatan dalam akses dan pemilihan produk/jasa bagi pelanggan. Studi ini mempelajari peluang pemasaran pada produk korek api di Indonesia, yang mempunyai potensi pasar yang cukup besar. Produk ini masih jarang diperdagangkan, serta korek api tidak hanya berfungsi sebagai pematik api saja namun dapat digunakan sebagai hiasan, koleksi dan gift.
Studi ini membahas tentang perencanaan pemasaran bisnis baru penjualan korek api melalui e-Commerce. Dalam bisnis ini, perencanaan pemasaran diperlukan agar dapat memprediksi kebutuhan dan keinginan dari bisnis usaha yang dibangun, seperti menganalisis pasar untuk mengetahui pasar dari bisnis ini. Perencanaan pemasaran ini menyangkut segmentasi, targeting, positioning untuk membidik calon pembeli yang memiliki potensi untuk membeli produk yang akan ditawarkan sehingga pemosisian produk dengan benar untuk pemasaran tersebut, sehingga diharapkan bisnis dengan pola distribusi baru ini dapat menerobos pasar yang menjanjikan, melalui tampilan website. Promosi juga dilakukan agar dapat memperkenalkan website dan produk yang akan ditawarkan.
Pada perencanaan pemasaran bisnis ini, sebaiknya yang perlu dipersiapkan adalah pebisnis mengetahui tentang dunia internet, memilih penyedia jasa hosting yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya, menyiapkan gambar produk dan warna banner dari website yang akan dibuat agar tampilan website sesuai dengan target pasar yang dituju. Pebisnis juga dapat memberikan pilihan dan kemudahan layanan transaksi pembelian kepada pembeli yaitu transaksi keseluruhan online bagi pembeli yang memiliki kartu kredit ataupun semi online bagi pembeli yang tidak memiliki kartu kredit, mendaftarkan alamat website pada mesin pencari seperti google atau yahoo, mengiklankan produk beserta alamat website dan email pada forum terkenal seperti www.kaskus.us agar website terkenal dan didatangi oleh pengunjung.

Nowdays, internet's user increasing significantly. In the urban community people can access the internet easily. Unfortunately the number of busy people and traffic grow rapidly. By seeing this phenomena, business opportunity can be create by applying e-Commerce to accommodate the busy people and sticking which they can still easy and quick to choose the product that they need. The thesis discusses about potential market opportunity of lighter in Indonesia, which has large potential opportunity. Lighter be sold rarely and this product has another function such as decoration, collection and gift.
The thesis discusses about the new model marketing planning of lighter through e-Commerce. Marketing planning is needed to predict customer need before we setup the business. Segmentation, targeting and position method to get potential customer, and accurately to position our product in the website. Hopefully with this distribution channel, can also penetrate potential market trough website. Promotions can introduce our website and product to the customer.
In marketing business planning, the entrepreneur should be familiar with internet, choose appropriate website hosting, prepare product profile and banner of website so the layout of website can represent target market. The entrepreneur can facilitate the full online internet transaction by credit card and semi online without credit card, registering the website address to the famous search engine such as google and yahoo, to advertise the product, website and email address in famous forum in the internet such as www.kaskus.us to invite our potential customer.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T25409
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii. 69 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T25409 15-19-220587562 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 120017
Cover