UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Identifikasi perubahan perilaku residen di UPT terap rehabitasi BNN melalui obser able behavioral check list

Agus Gatot Purwanto; Mochamad Enoch Markum, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang Identifikasi Perubahan Perilaku Residen Di Upt Tr Bnn Melalui Observable Behavioral Check List (OBCL). Dalam upaya untuk mengevaluasi efektifitas organisasi salah satunya adalah dengan membuat instrumen yang dapat dipergunakan untuk mengukur keberhasilan program. Upaya itu adalah dengan menyusun aspek-aspek perilaku residen ke dalam bentuk instrumen yang memenuhi kriteria SMART. Bentuk baku yang akan disusun itu dinamakan OBCL (Observable Behavior Check List).
Instrumen ini digunakan untuk memotret sejauh mana perubahan perilaku itu terjadi selama residen dalam fase Detoksifikasi, Entry Unit dan Primary. Penyusunan aspek-aspek ini berdasarkan pada teori perubahan perilaku pecandu narkoba dari Dadang Hawari dan George de Leon dikombinasikan dengan hasil pengamatan sehari-hari oleh para profesional yang bekerja di Unit Pelaksana Tehnis Terapi & Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional.
Penelitian ini menggunakan metode eksploratif yaitu dengan melakukan pengamatan langsung kepada obyek di lapangan untuk menyusun aspek-aspek perilakunya. Diawali dengan penyusunan aspek-aspek perilaku oleh beberapa kelompok diskusi yang terdiri dari kelompok diskusi medis, kelompok diskusi psikologi dan kelompok diskusi sosial. Selanjutnya semua kelompok diskusi bergabung membentuk kelompok yang lebih besar untuk menghasilkan rumusan aspek perilaku. Dari rumusan aspek-aspek tersebut dilakukan uji coba dengan melakukan pengamatan dan penilaian selama lebih kurang tujuh hari terhadap 18 (delapan belas) residen yang sedang menjalani program terapi rehabilitasi di fase Detoksifikasi, Entry Unit dan Primary.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa OBCL telah dapat mengidentifikasi perubahan perilaku residen selama menjalani terapi rehabilitasi di UPT TR BNN. Disarankan kepada pimpinan BNN untuk menyebarluaskan OBCL ke BNP dan BNK, selanjutnya diadakan pelatihan kepada petugas dalam rangka operasionalisasi OBCL.

The focus of this study is Identification of Residen?s Behavioral Change by OBCL in The Therapy And Rehabilitation Unit National Narcotics Board Republic of Indonesia. One of the effort to evaluate the effectiveness of the organization is by making an instrument which can be use for quantify the success of the program This effort first by forming the resident behaviors indicators further for the instrument named by OBCL (Observable Behavior Check List).
The instrument use for description of the behavioural progression from the resident since detoxification, entry unit until primary phase. Forming of the indicators is based on theory of changing behavior among drugs abuser from Dadang Hawari and from George de Leon also combination with the daily observation from profesionals in UPT T&R .
This research is using the exploratif methode which is by observe the object directly in the field. First by forming the behavioral indicators from group discussion consist grouf of medical, psychological and social group. than all the group merge and formed in to bigger group to formulized the behavior indicators. After that the indicators being try out by 7 days direct observation to 18 resident in detoxification, entry unit and primary phase and then made the behavioural values of each indicators.
From the observation result the research gain the behavioral files from the resident in each phase to describe the tren of the behavioural score in each phase . The statictical counting this research values for each indicators into 4 (four) category for the useful of the OBCL instrument so that can be evaluate the resident behavioural progression in the therapy and rehabilitation prosess.
The reseach suggest to use the instrument for quantify the organizational effectiveness in UPT TR BNN for knowing the effectiveness of the porgram that had been held.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T25575
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T25575 15-20-380014084 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 120542
Cover