Tesis ini menelaah tentang para wanita karier yang menggunakan kebiasaannya dalam merawat tubuh melalui rutinitas berSPA, yang bertujuan untuk mengatasi dominasi patriarki. Tesis ini menggunakan beberapa konsep, Pertama, muted group theory, yang menyatakan bahwa wanita adalah pihak yang terbungkam; sehingga untuk keluar dari kondisi tersebut, wanita harus melakukan transformasi diri. Transformasi tersebut selaras dengan konsep kedua, yaitu feminis eksistensialis. Dalam feminis eksistensialis, transformasi diartikan sebagai perubahan sosok wanita dari liyan menjadi diri, dari obyek menjadi subyek.
Dalam feminis eksistensialis, transformasi dapat diraih selain dengan cara bekerja di luar wilayah domestik, tapi juga ditunjang oleh penampilan yang baik melalui perawatan tubuh yang paripurna di SPA (Sanus Per Aquam), perawatan tubuh secara menyeluruh. Kebiasaan para wanita dalam merawat tubuh didapat melalui sosialisasi nilai-nilai yang diintervensikan pada diri seseorang sejak mereka kanak-kanak. Sosialisasi ini berhubungan dengan konsep ketiga yang dipakai, yaitu habitus. Intervensi atas kovensi-konvesi yang ada di lingkungan sosial seseorang, akan menjadi habitusnya.
Dalam penelitian ini, meski sosialisasi tentang posisi pria masih dianggap berada di atas wanita, namun wanita secara sadar menggunakan perawatan tubuh di SPA untuk mematahkan dominasi patriarki tersebut secara perlahan dan tidak disadari, bahkan oleh diri wanita sendiri, melalui penampilan mereka yang paripurna terejawantahkan. Sebab dengan penampilan yang paripurna, wanita dapat menyatakan eksistensinya pada setiap hal dimana mereka berada dan berkarya. SPA kemudian menjadi arena resistensi bagi wanita terhadap dominasi patriarki yang telah menekan wanita selama mereka hidup.
This thesis reviews how carrier women overcome patriarch domination by their habit of how they treat their body in a SPA Routine activity. The thesis based in a few concepts. First, the mutedgroup theory, that concerning of how females are in the position of mute; so as to get out from the condition above, a female must transform herself. The transformation must cope with the second concept about to apply, a concept of feminist existentialist, where transformations took her from common to “individual me”.In feminist existentialisty the achievement of transformation itself is not by applying inside a domestic space alone, but appearance as well thru a physical treatment, as a plenary transformation. A transformations manifest by SPA (Sanus Per Aquam) holistical treatment. The physical treatment itself is conceming a social value, integrated early in the young of age. These are coping with the third concept, Habitnes. Compartment interventions thru stable society or social settlement sometime determine individual’s habitues.Jn this research, gender superiority dominated by men is still concluded, and somehow physical treatments are taking superiority issues aside. In the end, patriarch dominations are resistible and solemnly fades, in the way they iive side by side with males in the world of men and excel them. Since SPA is a way to re-exist females, SPA became female’s arena to re-exist their existence in the world of patriarch domination which pressing them for as long as they shall live.