UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis adopsi teknologi komputer dengan pendekatan structural equation modeling: studi empiris pada asisten dosen Universitas Indonesia

Asa Ramdhani; Muhammad Rifki Shihab, supervisor ([Publisher not identified] , 2009)

 Abstrak

Skripsi ini merupakan hasil dari sebuah riset Sistem Informasi yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi komputer di kalangan asisten dosen Universitas Indonesia (UI). Sejumlah 123 asisten dosen ikut berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah model adopsi teknologi yang diadaptasi pada penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, tepat digunakan untuk mengetahui pola adopsi teknologi komputer di kalangan asisten dosen UI. Adapun model adopsi teknologi yang digunakan adalah model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) yang merupakan unifikasi dari model-model adopsi teknologi sebelumnya. Selain menguji teori, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji variabel-variabel pada model UTAUT, yang berpengaruh pada penggunaan teknologi komputer oleh para asisten dosen. Analisis data dilakukan dengan dua buah pendekatan Structural Equation Modeling (SEM), yaitu SEM berbasis covariance dan Partial Least Square (PLS). Kedua pendekatan SEM tersebut digunakan karena model adopsi teknologi yang digunakan dalam riset ini, disimpulkan tidak fit dengan data yang ada. Oleh karena itu, dilakukan modifikasi model untuk dapat melakukan uji hipotesis. Penggunaan kedua pendekatan tersebut bertujuan untuk memperkuat kesimpulan yang diperoleh. Berdasarkan hasil dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa adopsi teknologi komputer oleh asisten dosen UI, dipengaruhi oleh performance expectancy, experience, dan effort expectancy yang mereka miliki.

This study is an Information System research which discusses factors that influence University of Indonesia?s (UI?s) teaching assistants adoption of computer technology in their work. 123 teaching assistant sparticipated in this research. The purpose of this study is to examine whether the technology adoption model, adapted in previous research, is fit to understand the teaching assistants? pattern of adopting computer technology. The technology adoption model used is the UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) model, a unification of previous technology adoption models that have been developed. In spite of examining the theory, this research also examines what variables on the UTAUT model influence teaching assistants adoption of computer technology.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 68 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-17-319796560 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 122474
Cover