UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengembangan learning management system mandiri berbasis scele

Adityo Ananta; Adityo Pratomo; Indra Setiawan; Zidni Agni Apriya; Achmad Nizar Hidayanto, supervisor; Moningka, Johny, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memulai penggunaan elearning dengan program E-Learning MTI (Magister Teknologi Informasi) Fasilkom UI yang diselenggarakan melalui fasilitas yang disebut dengan SCeLE (Student Centered e-Learning Environtment). SCeLE dikembangakan dari Course Management System Moodle. Sampai saat ini SCeLE hanya dapat mendukung proses pembelajaran secara online, yang mengharuskan setiap siswa yang terlibat di dalamnya memiliki akses internet untuk melakukan proses pembelajaran. Hal ini dapat menjadi penghambat proses pembelajaran karena di Indonesia sarana dan prasarana komunikasi belum tersedia dengan baik dan merata.
Student Project ini akan mengembangkan sebuah prototipe sistem dengan tujuan untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut. Sistem tersebut mendukung pembelajaran jarak jauh (distance learning) secara mandiri, yaitu dengan meng implementasikan sistem stand alone SCeLE pada komputer siswa yang selanjutnya disebut dengan miniSCeLE. Kesamaan data antara miniSCeLE dengan server SCeLE dijaga dengan adanya fasilitas sinkronisasi data yang dapat dilakukan secara berkala yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fasilitas sinkronisasi ini dapat dilakukan secara online maupun secara offline. Sinkronisasi secara offline dapat dilakukan melalui media penyimpanan portabel. Kemampuan yang dimiliki miniSCeLE diharapkan dapat menjadi solusi bagi pemerataan pendidikan yang lebih baik. Hanya saja karena sistem miniSCeLE ini masih berupa prototipe, maka perludikembangkan lebih lanjut dan dilakukan uji coba kembali untuk benar-benar menjadi sistem pembelajaran yang optimal.

 File Digital: 6

Shelf
 SP-101-Pengembangan sistem akredit-iterature.pdf :: Unduh
 SP-101- Pengembangan learning- HA.pdf :: Unduh
 SP-101- Pengembangan learning- Pendahuluan.pdf :: Unduh
 SP-101- Pengembangan learning- Bibliografi.pdf :: Unduh
 SP-101- Pengembangan learning- Abstrak.pdf :: Unduh
 SP-101- Pengembangan learning- Kesimpulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, + 98 lembar; il. + lampiran
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-351149892 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 122700
Cover