UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Pencarian, pemilihan, pengaturan, dan evaluasi perangkat lunak pembantu kolaborasi digital untuk keperluan tugas berkelompok

Hardi Kusumawijaya; Herry Tanuwijaya; Kadek W. Arsandhi; Pelangi; Rakhmad Azhari; Rahmat Mustafa Samik Ibrahim, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)
 Abstrak
Selama ini para mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan pengumpulan tugas, baik tugas individu maupun berkelompok. Beragamnya cara pengumpulan tugas perkuliahan membuat para mahasiswa sering melakukan kekeliruan karena berbedabedanya format, media, dan cara pengumpulan tugas kuliah. Untuk mengatasi masalah seperti ini diperlukan suatu sistem yang dapat membantu para peserta kuliah maupun dosen dalam pengumpulan dan pemeriksaan tugas kuliah terutama yang bersifat kelompok. Sistem seperti groupware / sistem kolaborasi kelompok merupakan sistem yang dapat dipergunakan untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan tugas dan kerja kelompok di perkuliahan. Sistem kolaborasi kelompok dapat membantu para pengguna (yang sudah terdaftar di sistem) untuk melakukan kerjasama dalam mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas / proyek tertentu. Dalam sistem ini, disediakan berbagai aplikasi untuk membantu komunikasi antar user (forum, messenger, email, dan lainnya) dan juga suatu manajemen file / repositori. Dalam pengembangan prototipe sistem kolaborasi digital ini, tim pengembang memanfaatkan suatu perangkat lunak groupware yang sudah jadi untuk mempermudah dalam melakukan proses pemeliharaan dan administrasi sistem dalam penggunaan / pengimplementasian lebih lanjut di perkuliahan. Dalam prosesnya, tim pengembang terlebih dahulu melakukan pencarian beberapa kandidat perangkat lunak groupware yang terdapat di web, kemudian melakukan evaluasi terhadap kandidat-kandidat sistem groupware yang sudah terpilih tersebut untuk memenuhi kriteria yang telah ditentukan, antara lain: memiliki aplikasi forum, repositori, mendukung LDAP, dan lainnya. Beberapa kandidat sistem groupware yang dicoba antara lain: GForge, PHPGroupware, EGroupware, dan lainnya. Setelah melakukan analisis tim pengembang akhirnya memilih untuk menggunakan perangkat lunak Egroupware. Prototipe keluaran dari proyek mahasiswa ini sudah memenuhi hampir semua kebutuhan (requirements) awal. Pada akhirnya prototipe sistem kolaborasi ini juga akan dilengkapi dengan manual instalasi dan panduan penggunaan yang cukup lengkap, sehingga akan memudahkan dalam pengembangan sistem kolaborasi ini lebih lanjut.
 File Digital: 7
Shelf
 SP-87-Pencarian, pemilihan-HA.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Analisis.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Pendahuluan.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Metodologi.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Lampiran.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Abstrak.pdf ::
 SP-87-Pencarian, pemilihan-Bibliografi.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Kata Kunci
 Metadata
No. Panggil : S-Pdf
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 116 lembar; il; 29 cm.
Catatan Bibliografi :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-844087555 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 122829