UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

UI - Skripsi (Membership) :: Kembali

Penerapan konsep extended computer-assisted learning (ECAL) pada pengembang e'learnin

Ardini Ridhatillah; Indah Wulansari; M. Faizal Ardi; Mediai Avrissa; Ratih Kemala; Suryana Setiawan, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)
 Abstrak
Topik proyek mahasiswa yang dilakukan oleh kelompok kami adalah Penerapan Konsep Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) pada Pengembangan e-Learning. Pengembangan modul ini dilakukan secara berkelompok dengan dibantu oleh pembimbing Proyek Mahasiswa yang kami pilih, yaitu bapak Suryana Setiawan, M.Sc. Authorware Extended Computer-Assisted Learning (ECAL) adalah suatu bentuk authorware yang merupakan hasil riset kerjasama antara Pusilkom UI dan The Open University (Inggris) sebagai pengembangan dari authorware konvensional [SET88]. Pada sistem ini, author cukup memikirkan isi pembelajaran tanpa perlu memikirkan alur pembelajaran, karena sistem ini bekerja berdasarkan aspek-aspek abstraksi dari materi pembelajaran yang diistilahkan sebagai Intended Learning Outcome (ILO) [POS82]. Kami melihat bahwa konsep ECAL berpotensi untuk diterapkan pada metode pembelajaran e-learning. Dengan adanya internet dan konsep e-learning, maka pengembangan auhorware ECAL yang dulu sempat terhenti dapat diangkat kembali. Dengan adanya pembelajaran elektronis seperti ini, student diharapkan juga mendapat dampak yang baik karena penerapan metode pembelajaran yang lebih terstruktur. Sistem authorware ECAL yang dikembangkan oleh tim proyek mahasiswa ini terbagi atas tiga (3) modul yang dibagi berdasarkan kelompok penggunanya, yaitu modul administrator, modul author, dan modul student. Bagian awal laporan adalah bagian pendahuluan yang berisi latar belakang, tujuan dan ruang lingkup, serta sistematika penulisan laporan. Kemudian dijelaskan landasan teori yang digunakan oleh kelompok kami untuk menyusun laporan. Pada bagian selanjutnya, kami menjelaskan mengenai proses pengembangan modul tersebut selangkah demi selangkah. Tahap pengembangan modul terdiri atas analisa permasalahan, analisa kebutuhan sistem, desain sistem, konstruksi sistem, dan implementasi sistem. Dan pada bagian akhir yang merupakan penutup, terdapat kesimpulan dan saran yang diajukan untuk pengembangan sistem selanjutnya.
 File Digital: 10
Shelf
 SP-97-Penerapan konsep-Lampiran o.pdf ::
 SP-97-Penerapan konsep-Metodologi.pdf ::
 Sp-97-Penerapan konsep-HA.pdf ::
 SP--97-Penerapan konsep-Pendahuluan.pdf ::
 SP-97-Penerapan.konsep-Bibliografi.pdf ::
 SP-97-Penerapan.sistem-ANALISIS-1.pdf ::
 SP-97-Penerapan konsep-Abstrak.pdf ::
 SP-97-Penerapan konsep-Kesimpulan.pdf ::
 SP--97-Penerapan konsep- Literature.pdf ::
 SP--97-Penerapan konsep-ANALISIS.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : S-Pdf
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Kode Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x+ lembar, il.; lampiran; 29 cm.
Catatan Bibliografi : halaman 83-85
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-599041066 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 122834