Persaingan yang terjadi dalam dunia pendidikan tinggi mengharuskan lembaga pendidikan tersebut menjadi lembaga yang aktif, kreatif, inovatif, dan ikut berperan dalam dinamika perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan Total Performance Scorecard pada Program Studi Ilmu Komunikasi yang digambarkan dalam 4 perspektif Balanced Scorecard yaitu: Keuangan, eksternal, internal, dan pengetahuan pembelajaran. Dan mendapatkan rumusan strategi Fakultas Teknik UNSADA dengan pendekatan Total Performance Scorecard. Dari hasil penelitian didapati bahwa rancangan scorecard individu dapat mendukung dan menyelaraskan strategi Program Studi, dengan mencapai kesepakatan dari pertemuan dari dua ambisi tersebut dan kompetensi yang harus dimiliki oleh karyawan dan dosen tetap dalam pencapaian target Fakultas Teknik. Hal ini menjamin bahwa seluruh karyawan dan dosen tetap memahami ambisi Fakultas Teknik dan memiliki keterlibatan dalam pelaksanaan strategi tersebut.
During competition era, higher education institution should be active, Creative, innovative, and have role in dynamics situation. The first purpose of this research is for designing Total Performance Scorecard in university,specially faculty technic, which is description in four perspectives Balanced Scorecard are: financial, external, internal, learning and knowledge. The second purpose is formulating of organization strategy with Total Performance Scorecard approach. With result using scorecard design, the mapping strategy and performance planning individual for supporting the organization strategy. Can be constructed design should be deals between two ambitions: individual and organization ambition. And the competence should be haven by individuals, in order to this program and strategy is running well. This ensures that whole employees and faculty member are familiar with the organization ambition and have the involved in the strategy and program.