UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Tempat pembuangan sampah semestara di Jakarta Timur

Andri Mulyansyah; Dewi Susilowati, supervisor; Ratna Saraswati, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Perkembangan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, khususnya Jakarta Timur sebagai kotamadya dengan jumlah penduduk yang padat sering menimbulkan permasalahan berupa volume sampah yang besar. Dari volume sampah tersebut banyak sampah yang tidak terangkut yang menyebabkan pencemaran lingkungan, jumlah TPSS dengan perrsebaran yang telah ada, kurang dapat menampung volume sampah tersebut, akibat jumlah penduduk Jakarta timur yang semakin besar dan tidak diikuti oleh pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Sementara, dengan perkiraan volume sampah tiap orang 2,97 liter ( Dinas Kebersihan DKI Jakarta), tidak diimbangi oleh persebaran TPSS yang ada sehingga mengakibatkan jumlah volume sampah tidak terangkut pada pemukiman tertentu menjadi besar.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dalam penelitian ini akan dikaji tentang persebaran tempat pembuangan sampah sementara di Jakarta Timur, dan untuk mengetahui persebaran TPSS serta kaitan dengan volume sampah di Jakarta Timur dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persebaran TPSS dengan Analisis Tetanga Terdekat menghasilkan persebaran yang seragam, lalu dikaitankan antara TPSS pada faktor non fisik yaitu TPSS pada jumlah penduduk,TPSS pada kelas jalan dan TPSS pada penggunaan tanah, dan faktor fisik yaitu kaitan persebaran TPSS yang berada pada sempadan sungai di Jakarta Timur. Hasil penelitiannya menunjukan persebaran TPSS di Jakarta Timur tidak sebanding dengan jumlah penduduk di dalamnya.

The development of DKI Jakarta, particularly East Jakarta as municipal with dense population often creates problem like big volume of garbage. From such volume, much garbage which is not picked causes environmental pollution, mount of temporary garbage dump (TPSS) by the existing distribution, doesn?t really allocate such garbage volume, due to the impact of East Jakarta?s population, which is getting bigger without the action of constructing new temporary garbage dump, by the estimation of 2,97 liters garbage volume per person (Jakarta official province of cleanness), are not balanced with distribution of existing TPSS whereas causes unpicked garbage volume higher.
Based on such explanation, this research will explore about the distribution of temporary garbage dump (TPSS) in East Jakarta, and to know its distribution as well as relation with garbage volume in East Jakarta. From the result of research shows that TPSS distribution is with nearest neighbor index creates uniform distribution, then it is connected among TPSS at non-physical factors i.e. TPSS at number of population, TPSS at road classification and TPSS at land use, and physical factors i.e. relation with distribution of TPSS located around river in East Jakarta. The result shows the distribution of TPSS in East Jakarta is not comparable with number of population inside.

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S34061
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 65 hlm. ; ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S34061 14-21-711000821 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123214
Cover