UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengeringan pada produk (Tapel) dengan Microwave (Pre - Treatment : Kamar Pendingin) = Drying process of herbal medicine (tapel) using microwave and pre-treatment with cooling chamber

Siagian, Puntanata; Muhammad Idrus Alhamid, supervisor ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

Pengeringan merupakan operasi kimia tertua yang digunakan untuk menguapkan air dari dalam bahan. Industri pengeringan telah berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perusahaan nasional yang menggunakan operasi pengeringan adalah PT.X, perusahaan ini memproduksi obat-obatan tradisional dan kosmetik..Lebih lanjut, perusahaan ini menggunakan 2 metode pengeringan untuk menghasilkan salah satu produknya yaitu tapel parem, metode pengeringan tersebut adalah pengeringan dengan matahari dan dengan oven konveksi. Tetapi dengan adanya efek pemanasan global maka penggunaan pengeringan dengan matahari tidak dapat memberikan laju produksi yang sesuai dengan standar perusahaan.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah mencoba menerapkan metode pengeringan yang dapat menggantikan proses pengeringan dengan matahari. Oleh karena itu, penulis mencoba menerapkan beberapa metode pengeringan untuk menggantikan penggunaan pengeringan dengan matahari, salah satunya adalah dengan menggunakan microwave, dan menggunakan pretreatment kamar pendingin selama 21 jam. Selain itu, penulis juga menggunakan peralatan tambahan seperti spons dan kasa dalam proses pengeringan untuk meningkatkan kualitas produk hasil pengeringan.
Analisa yang dilakukan antara lain adalah : penyebab terjadinya penurunan kualitas pada produk hasil pengeringan dengan menggunakan mcrowave, pengaruh penggunaan pretreatment pada produk hasil pengeringan , dan pengaruh penggunaan spons dan kasa pada produk hasil pengeringan.

Drying process is the oldest chemical operation in which water is subtracted from certain substance. Drying industries has been developing well in Indonesia for the last couple of years. X Incorporate is one of National Corporation that produces herbal medicine and cosmetic. This industry is using two drying methods in one of its production, which is tapel parem. The drying methods are sunlit and by using convection oven. Unfortunately, the global warming effect causes the sunlit method ineffective.
The objective of this paper is to apply a new drying method to replace the sunlit method. The writer is performing a drying method using microwave and 21 hours pretreatment process in cooling chamber. Moreover, the use of sponge and gauze is also applied to increase the quality of the drying product
The analysis observed includes the cause of quality degradation in microwaveprocessed products; the influence of pretreatment in dried up products; the influence the use of sponge and gauze in dried up products.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S37311
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxiv, 128 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37311 14-17-400383703 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123353
Cover