UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan komitmen mengajar pada guru = Correlation between quality of work life and teaching commitment among teachers

Aviantara Agung Nugraha; Miranda Diponegoro Zarfiel, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kualitas kehidupan kerja dengan komitmen mengajar pada guru. Kualitas kehidupan kerja ditinjau dari tujuh faktor yaitu: penghasilan yang adil dan memadai, lingkungan sekolah yang aman dan sehat, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, integrasi di tempat kerja, relevansi sosial dari pekerjaan, supervisi dan partisipasi. Sementara komitmen mengajar dilihat dari lima dimensinya, yaitu: identifikasi dengan siswa, identifikasi dengan materi pelajaran, keterlibatan dengan siswa, keterlibatan dengan materi pelajaran, serta loyalitas dalam mengajar. Penelitian ini melibatkan 81 responden yang berprofesi sebagai guru di daerah Jakarta Timur dan Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas kehidupan kerja dengan dimensi komitmen mengajar pada guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komitmen mengajar tidak dapat dijelaskan dengan terpenuhi atau tidaknya kualitas kehidupan kerja guru di sekolah. Mungkin ada variabel-variabel lain yang lebih berpengaruh terhadap komitmen mengajar guru.

This research aims to see the correlation between the quality of work life and teaching commitment among teachers. Quality of work live include seven factors: fair and adequate compensation, safe and healthy school environment, opportunity to growth and develop, integration in the workplace, social relevance, supervision and participation. While commitment to teaching include five dimensions: identification with teaching subjects, identification with students, involvement in subject teachings, involvement with students, and loyalty toteaching. This research involved 81 respondents who work as teachers in East Jakarta and Depok. This research used quantitative method with the questionnaire as a data collector. This research found that there is no significant correlation between quality of work life and commitment to teaching. Thus it can be concluded that commitment to teaching can not be explained by quality of work life.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : 306.361 AVI h
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 49 lembar; il.; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
306.361 AVI h 14-19-799229572 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123625
Cover