UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Self-management pada orang tua tunggal wanita yang bekerja = Self Management on working single mothers

Rizka Gita Miranti; Bagus Takwin, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang self-management pada orang tua tunggal wanita yang bekerja. Albrecht (1967) menyatakan bahwa orang tua tunggal wanita yang bekerja memiliki beban yang paling berat dibandingkan hanya menjadi ibu, ataupun ibu yang bekerja tetapi memiliki pasangan. Hal ini disebabkan karena banyak hal, antara lain adalah tidak adanya bantuan pasangan dalam pengambilan keputusan, tekanan ekonomi, dan hilangnya sosok ayah dalam mengurus anak.
Selain itu studi yang dilakukan oleh Burden (dalam Martin & Colbert, 1997) menyatakan bahwa orang tua tunggal wanita memiliki tingkatan stres yang paling tinggi dalam menangani berbagai tanggung jawab atas rumah tangga dan pekerjaan. Setelah mereka menjadi orang tua tunggal, para ibu yang bekerja menghadapi tantangan untuk dapat menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan (Williams, Stacey, & Wahlstrom, 2006).
Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana orang tua tunggal wanita yang bekerja mengontrol afeksi, kognisi dan tingkah lakunya dalam menjalani berbagai macam peran yang mereka miliki dan bagaimana mereka mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Menurut O'Keefe dan Berger (1999) self-management adalah kemampuan pada diri seseorang untuk dapat mengendalikan afeksi, tingkah laku dan kognisi yang mengarahkan seseorang kepada tujuan yang hendak dicapai agar dapat memenuhi keinginan orang itu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-management dapat membantu orang tua tunggal wanita yang bekerja dalam menjalani berbagai macam peran yang mereka miliki dan membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu meraih keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

This study explains about self-management on working single mother. Albrecht (1967) stated that working single mothers are carrying double the load of other working mothers and mothers who have spouse. It is caused by many factors such as no existence of spouse to share the decision making, economic pressure, and the loss of father figure in rearing the children.
Besides that, in a study of working parents, single female parents had the highest level of stress in handling multiple responsibilities of job and home (Burden in Martin & Colbert, 1997). Not only that, after they become single mothers, they are challenged to balance family and work life (Williams, Stacey, & Wahlstrom, 2006).
The purpose of the research is to observe how working single mothers control their affect, cognition, and behavior with many roles they have and how they overcome the issues of becoming a working single mother. O'Keefe and Berger(1999) defined self-management as the ability to take charge of our affect (A), behavior (B), and cognition (C) in order to accomplish our goals.
This research uses qualitative approach with intrinsic case-study. The result of this research indicates that self-management helps working single mother to overcome the issues and to achieve what they want, regarding their role as working single mother, which is work and family balance.

 File Digital: 9

Shelf
 649.1 RIZ s 2009 - Metode Penelitian.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Kesimpulan dan Saran.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Lampiran.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Bibliografi.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Abstrak.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Analisis.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Tinjauan Literatur.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - HA.pdf :: Unduh
 649.1 RIZ s 2009 - Pendahuluan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 137 lembar; il.; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-238783150 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123645
Cover