UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Peran pekerja sosial medis dalam pencapaian kualitas hidup terbaik bagi pasien dan anggota keluarga pasien kanker stadium lanjut yang menjalani perawatan paliatif di unit layanan paliatif dan kedokteran komplementer Rumah Sakit Kanker ?Dharmais?

Angga Yusarga; Wisni Bantarti, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai peran Pekerja Sosial Medis (PSM) didalam perawatan paliatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pekerja sosial medis, pasien kanker stadium lanjut, keluarga pasien dan tim paliatif berdasarkan purposive sampling.
Hasil penelitian ialah dari total sepuluh kualitas hidup yang menjadi acuan untuk melayani pasien dan anggota keluarga pasien, PSM memiliki peran yang mencakup 9 kualitas hidup, satu-satunya dimensi yang tidak melibatkan PSM adalah dimensi spiritual yang hanya dilakukan rohaniawan. Peran yang dilaksanakan oleh PSM adalah peran enabler, mediator, edukator dan motivator.

The focus of the study is about medical social worker?s role in palliative care that have purpose to increasing the quality of life using research metodology of qualitative and description type of research. The informan who had been use for this study is Medical Social Worker, patient of cancer stadium IV, family of patient and team palliatve based on purposive sampling.
The result of the research is that MSW has 9 role of 10 that palliative care unit have as it guide, only in spiritual dimention that MSW doesnt have any role. MSW role are enabler, mediator, educator dan motivator.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 136 lbr.; il.; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-252659988 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123650
Cover