UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis kemampuan laba bersih dan arus kas dalam memprediksi arus kas masa depan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2004 ? 2006

Nur Hidayati; Retno Kusumastuti, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Sasaran dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah laba bersih arus kas operasi mempunyai kemampuan dalam memprediksi arus kas masa depan pada perusahaan yang melaporkan laba dan perusahaan yang melaporkan rugi. Walaupun penelitian terdahulu menjelaskan tentang hubungan laba dan arus kas masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba dan rugi, sedangkan hubungan antara arus kas lancar dan arus kas masa depan baik yang meningkat maupun yang menurun, hasilnya adalah antara laba bersih dan arus kas mempunyai kemampuan memprediksi arus kas masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba. Di sisi lain, untuk perusahaan yang melaporkan rugi, tidak signifikan dalam memprediksi arus kas masa depan sedangkan arus kas operasi masih mempunyai kemampuan memprediksi arus kas operasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian adalah laba bersih dan arus kas memiliki kemampuan memprediksi arus kas masa depan.

The objective of this study is to investigate whether earnings or operating cash flows have predictive ability to predict future operating cash flows between firms reporting profit and firms reporting loss. Although prior study indicates a strengthening relationship between earnings and future operating cash flows for both firms reporting profits and losses, while relationship between current and future operating cash flows is neither increasing nor decreasing, our result indicates that both net profit and cash flows have ability to predict future operating cash flow for firms reporting profit. On the other hand, for firms reporting loss, earnings are not significant to predict future operating cash flows while current operating cash flows still have ability to predict future operating cash flows. This research using double linier analyse. Result for this research is net profit and cash flow have predictive ability future cash flows.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii + 106 lbr; il; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-597460765 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123719
Cover