Karya akhir ini membahas pengajaran cerpen dengan pendekatan Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS. Pembelajaran cerpen dengan pendekatan PBAS dapat membantu siswa untuk menelusuri unsur-unsur intrinsik dan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Di samping itu, pendekatan tersebut dapat mengarahkan siswa untuk menikmati dan mengapresiasi karya sastra, mendorong siswa untuk mencintai karya sastra, dan meningkatkan minat baca siswa terhadap karya sastra, terutama cerpen. Dengan demikian, pendekatan PBAS dapat membantu siswa tingkat MTs untuk mempelajari materi cerpen secara aktif, kreatif, dan apresiatif.
This thesis discusses teaching short stories using Students? Activity-Oriented Teaching Approach (PBAS) to students of MTs. The discussion covers material selection, intrinsic element analysis, syllabus design and lesson plan (RPP). Further, it also describes its implementation in teaching process. Teaching short stories using PBAS method enables students to scrutinize intrinsic elements and reveal the values in short stories. Besides, the method leads the students to enjoy and appreciate literary works, and enhance students? interest to read literary work, particularly short stories. Eventually, PBAS method can help students of MTs to study literary work in a more active, creative, and appreciative way.