Skripsi ini membahas mengenai upaya untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pencegahan perlakuan salah seksual pada anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mencegah perlakuan salah seksual pada anak, perlu diketahui kebutuhan orang tua akan informasi mengenai perlakuan salah seksual pada anak dan upaya pencegahannya. Dimana pemberian informasi tersebut dapat dilakukan dengan pendekatan pemasaran sosial.
Penggunaan pendekatan pemasaran sosial dalam penelitian ini membuat proses pemberian informasi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam upaya pencegahan perlakuan salah seksual pada anak menjadi lebih efektif dan efisien.
The focus on this thesis is the improvement of parent?s involvement to prevent child sexual abuse. Research method which is used in this thesis is qualitative research with action research design.
The result of this research is to improve the parent?s involvement to prevent child sexual abuse, parent's knowledge of child sexual abuse and efforts to prevent it need to be fulfilled. That knowledge can be delivered to parents by using social marketing methods.
Using social marketing in this research can make the process in transferring information to improve parent's involvement to prevent child abuse become more effective and efficient.