UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan association rules dalam pengembangan standar dokumen legal Indonesia berbasis XML dengan studi kasus dokumen undang-2 Republik Indonesia

Ahlijati Nuraminah; Indra Budi, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Indonesia adalah negara hukum yang memiliki banyak peraturan perundangundangan (dokumen legal). Hingga saat ini, dokumen legal yang telah dihasilkan olehlembaga pembuat undang-undang semakin banyak, namun jumlah dokumen yang semakin bertambah tidak didukung oleh pengelolaan dan penyimpanan dokumen yang baik dan terstruktur. Pengelolaan dan penyimpanan dokumen yang kurang baik dan tidak terstruktur menyebabkan terjadinya kesulitan dalam pencarian, penelusuran keterkaitan antar dokumen, ataupun perbandingan muatan antar dokumen legal.
Untuk menjawab tantangan tersebut, maka diperlukan sebuah standar struktur dokumen legal sehingga dapat dibuat suatu sistem pengelolaan dokumen legal yang dapat mempermudah proses pencarian, perbandingan dan sebagainya. Pembuatan standar struktur dokumen dapat dilakukan dengan mengubah dokumen menjadi format yang lebih terstruktur (format XML).
Pembuatan sistem untuk strukturisasi dokumen legal sudah pernah dikembangkan sebelumnya dengan menerapkan pendekatan knowledge engineering, yaitu dengan membuat aturan-aturan berdasarkan informasi kontekstual. Namun sistem tersebut belum mampu menangani semua jenis dokumen undang-undang yang memiliki perbedaan struktur. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mempelajari dokumen-dokumen yang sudah terstruktur dalam format XML sehingga dapat melakukan strukturisasi dokumen legal yang belum dapat ditangani oleh sistem knowledge engineering. Undang-Undang Republik Indonesia (UU) dijadikan dokumen yang diujicobakan pada sistem. Hasil dari uji coba sistem menunjukkan bahwa sistem dapat melakukan pembentukan struktur umum dari dokumen UU dengan ketepatan sebesar 83.178%.

 File Digital: 9

Shelf
 SK-665_AhlijatiN- Kesimpulan.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN- Lampiran.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN - HA.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN- Bibliografi.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN-Literature.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN - Abstrak.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN- Metodologi.pdf :: Unduh
 SK-665_AhlijatiN- ANALISIS.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-140144229 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123962
Cover