UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penerapan teknik n-term indexing (NTI) pada pemilihan koleksi dalam distribued information retrieval system

Husnul Rizka Mubarikah; Hasibuan, Zainal Arifin, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Ide dasar dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan teknik pemilihan koleksi dalam sistem temu kembali informasi dalam lingkungan yang bersifat terdistribusi (Distributed Information Retrieval System). Pemilihan koleksi dalam lingkungan terdistribusi menjadi hal yang sangat penting mengingat jumlah koleksi yang terdapat dalam sistem tersebut dapat mencapai ribuan. Dengan adanya pemilihan koleksi terlebih dahulu diharapkan proses temu kembali menjadi lebih efektif.
Teknik pemilihan koleksi yang diimplementasikan adalah teknik NTI. Selanjutnya hasil teknik pemilihan koleksi NTI akan dibandingkan dengan hasil teknik pemilihan Lexicon yang sudah dikembangkan sebelumnya, hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana teknik NTI dapat meningkatkan efektifitas pemilihan koleksi. Ada dua hal yang dikembangkan dalam pemilihan koleksi dengan menggunakan teknik NTI ini, pertama adalah pembuatan metaindeks dan kedua adalah pemeringkatan koleksi. Metaindeks merupakan penggabungan informasi yang ada dalam indeks koleksi.
Teknik pengindeksan yang dipergunakan dalam indeks koleksi berbasis frekuensi dan berbasis rumus Savoy. Pemeringkatan koleksi dilakukan dengan memeringkat koleksi berdasarkan skor yang dimilikinya. Proses pemeringkatan koleksi melibatkan semua informasi yang disimpan dalam metaindeks. Teknik pemeringkatan yang dipergunakan untuk pemilihan koleksi NTI adalah teknik Naive, Sum Sim, Sum Sim Sqr, dan Sim Div. Sedangkan dalam teknik pemilihan Lexicon teknik pemeringkatan yang digunakan adalah teknik Lexicon Inspection, D-WISE, dan modifikasi dari rumus Savoy.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metaindeks yang menerapkan teknik NTI, dapat menyimpan informasi lebih lengkap dibanding dengan teknik Lexicon, informasi tersebut adalah informasi mengenai dokumen. Sedangkan untuk teknik pemeringkatan NTI dengan menggunakan metaindeks berbasis frekuensi memberikan pemeringkatan lebih baik dibandingkan dengan pemeringkatan Lexicon Inspection, D-WISE, dan modifikasi dari rumus Savoy. Dengan kata lain teknik ini menaikkan efektivitas pemilihan koleksi. Hal tersebut dapat dilihat dari MSE yang dihasilkan. Sedangkan untuk metaindeks berbasis Savoy, teknik pemeringkatan NTI berada dibawah teknik pemeringkatan Lexicon Inspection.

 File Digital: 7

Shelf
 SK-585-Penerapan teknik-HA.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-Abstrak.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-Bibliografi.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-Literatur.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-HA.pdf :: Unduh
 SK-585-Penerapan teknik-Kesimpulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii , 69 lembar; il; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-490077561 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 124318
Cover