UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Keterkaitan konsep filosofis Yin 阴-Yang 阳 dengan pola dasar gerakan Taiji Quan 太极拳

Rani Citra Dharmaputri; Iwan Fridolin, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pada dasarnya, dalam bidang seni dan budaya Cina, konsep Yin 阴 dan Yang 阳 dijadikan sebagai salah satu fondasi yang penting. Taiji Quan 太极拳 merupakan suatu bentuk seni beladiri (Martial Arts) yang didasarkan pada konsep filsafat Yin 阴-Yang 阳. Di dalam setiap gerakannya terdapat aspek Yin 阴 dan Yang 阳 yang merupakan dua kekuatan yang berlawanan.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menguraikan keterkaitan konsep filsafat tradisional Cina dengan seni beladiri tradisional Cina, yaitu konsep Yin 阴- Yang 阳 dengan pola dasar gerakan Taiji Quan 太极拳. Tujuan tersebut dapat diketahui dengan menelusuri konsep Yin 阴-Yang 阳 serta konsep filsafat Cina lainnya yang berkaitan dan juga memberikan pengaruh. Kemudian menyesuaikan konsep tersebut dengan pola dasar gerakan Taiji Quan 太极拳. Melalui analisis, dapat disimpulkan bahwa konsep Yin 阴 dan Yang 阳, ditunjukkan dalam aplikasi dalam perubahan pola gerakan tangan, badan, dan langkah kaki dalam rangkaian gerakan Taiji Quan 太极拳 yang harmonis.
The concept of Yin 阴 and Yang 阳 has become one of the most basic principals of Chinese Tradition and culture. Taiji Quan 太极拳 is a form of martial art that is developed from the Chinese philosophical concepts. Every Taiji Quan's 太极拳 movement is embedded with Yin 阴 and Yang's aspect, of which are in contrast one with another.
The objective of this thesis is to give a clear explanation regarding the connection between Chinese's basic philosophy, Yin 阴-Yang 阳, and Taiji Quan's 太极拳 basic movements. The thesis will explore the Yin 阴 -Yang 阳 and other Chinese philosophical concepts which are related and influential. further on, the research will adjust those concepts with Taiji Quan's 太极拳 basic movements. The analysis' result shows that the Yin 阴 -Yang concept is applied in Taiji Quan's 太极拳 hand, body, and feet besic movement pattern in the way of harmony.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S12995
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 85 hlm ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12995 14-20-135121347 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 124429
Cover