UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan library information systems (LIS) matsushita gobel education foundation dengan content management system

Irma Irawati Ibrahim; Wahyu Catur Wibowo, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Dalam sebuah lembaga pelatihan, peran sebuah perpustakaan adalah penting. Peran perpustakaan dalam mengelola materi-materi yang digunakan dalam pelatihan, serta kemampuan menghubungkan antara materi-materi tersebut dengan masing-masing penggunanya juga pelatihan itu sendiri sangat lah penting agar pemanfaatan dari materi pelatihan dapat maksimal untuk kelancaran proses pelatihan secara keseluruhan. Dengan demikian pembuatan sebuah sistem perpustakaan yang terintegrasi tak dapat terhindarkan lagi ?Library Information System (LIS) ?.
Sudah merupakan hukum alam apabila dalam pembangunan sebuah sistem stakeholder selalu menginginkan biaya pembangunan dan perawatan yang seminimal mungkin. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui proyek akhir ini penulis mencoba untuk membuat pengembangan Library Information System (LIS) dengan memanfaatkan perangkat lunak Content Management System (CMS). Mengapa CMS? Karena CMS merupakan perangkat lunak opensource yang mudah didapati secara bebas dan tanpa dikenakan biaya. Selain itu, pengembangan dan perawatan dari sistem dengan menggunakan CMS juga sangat mudah karena tidak dibutuhkan keahlian programmer.
Hasil dari proyek akhir ini adalah sebuah rancangan Library Information System (LIS) dengan menggunakan Content Management System (CMS), yang dilakukan di Matsushita Gobel Education Foundation.

In a training institution, role of the library is very important. The management of the training material and the linkage within the training material with the training and also the member training are very important. In that situation the library integrated is a must; we need a Library Information System (LIS).
It is very natural when we build a system, the stakeholder always require a very low cost for implementation also the system maintenance. According to that, with this project the author try to build a Library Information System (LIS) based on Content Management System (CMS). Why CMS? Because it is an open source software, which you can get easily and free, also it is easily to used and maintenance because it doesn?t need programmer skill.
The purpose of this project is to design the Library Information System (LIS) by using the Content Management Software (CMS), based on the Matsushita Gobel Education Foundation need.

 File Digital: 7

Shelf
 PA-40-Pengembangan library-Literatur.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-Bibliografi.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-Abstrak.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-Analisis.pdf :: Unduh
 PA-40-Pengembangan library-HA.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 82 lembar; il; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FASILKOM UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-246755331 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 124827
Cover