UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh pemberian bonus tanda tangan sebagai pemikat dan pemikat terhadap efektifitas proses rekrutmen studi kasus: anandarko indonesia company

Bayu Rajasa; M. Syamsul Maarif, supervisor; Azhar Kasim, examiner; Pantius Drahen Soeling, examiner; Heri Fathurahman, examiner (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Anadarko Indonesia Company (AIC) merupakan anak perusahaan Anadarko Petroleum Corporation (APC) yang berkantor pusat di Woodlands ?Houston, USA. Sebagai anak perusahaan, AIC banyak menggunakan sistem, proses, dan prosedur yang ada dan berlaku di perusahaan induk. Dalam kondisi perusahaan yang masih baru AIC memerlukan dukungan tenaga kerja yang sudah jadi atau siap pakai karena perusahaan sendiri tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan pendidikan dan pelatihan apabila perusahaan menarik tenaga kerja yang belum berpengalaman. Mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas tidaklah mudah karena adanya persaingan untuk mendapatkan mereka dan juga tuntutan persyaratan jabatan yang tinggi mempersulit proses rekrutmen. Ada beberapa saluran rekrutmen yang sering digunakan untuk mencari tenaga kerja yaitu melalui iklan, internet, website, head hunter atau executive search, dan referensi dari teman-teman. Proses rekrutmen yang dilakukan oleh AIC mengikuti proses yang sudah baku dan berjalan di perusahaan induk. Proses rekrutmen dan seleksi tersebut melalui tahapan sebagai berikut: Identifikasi lowongan pekerjaan, Publikasi, Penyaringan surat lamaran, Interview, Check kesehatan, Interview lanjut dan Penawaran kerja. Disamping tahapan yang dilakukan, persyarataan administrasi lainnya harus sudah terlebih dahulu dipenuhi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan sign on bonus dalam proses rekrutmen menjadi cara yang efektif dilakukan oleh perusahaan untuk memikat pelamar dan mengikat pegawai, meskipun latar belakang dan motivasi pelamar untuk pindah bekerja sangat beragam. Setiap pelamar akan berbeda dalam melihat bonus tanda tangan yang ditawarkan oleh perusahaan. Orang pada umumnya akan tergiur oleh tawaran finansial secara langsung bahkan orang yang masih bekerja sekalipun akan terpengaruh. Oleh sebab itu pemberian sign on bonus dalam peroses rekrutmen merupakan cara yang efektif untuk menarik pelamar dari berbagai latar belakang. Pegawai yang menerima sign on bonus juga akan terikat untuk tetap bekerja pada perusahaan paling tidak untuk tiga tahun kedepan dan mereka mengetahuikonsekuensinya apabila mereka keluar dari perusahaan sebelum jangka waktu yang disepakati.Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi secara mendetail dari para informan dan menggunakan diri peneliti sebagai alat untuk mengumpulkan data (Participant-observer). Data dikumpulkan dengan tiga cara yaitu observasi, telaah dokumen dan interview mendetail.

Anadarko Indonesia Company (AIC) is a subsidiary company of Anadarko Petroleum Corporation (APC) which is located in Woodlands, Houston, USA. AIC adopts systems, processes, and procedures applicable at home office. As new company in Indonesia, AIC only hires experienced, knowledgeable and skillful workers to support and run the business. Tthe company will not hire fresh graduate since the company does not have enough time and resources to train and develop them for immediate use. To get a qualified worker is not an easy task because there are many competitors who have similar interests with the company, in addition to scarcity of qualified workforce in the market. The demand of high qualification candidate creates more efforts. There are several recruitment channels that are used by the company in an effort of hiring someone such as advertisement, internet, website, head hunter or executive search and from colleagues referral. Recruitment process is following the established process developed by home office. Recruitment process and selection steps are follows: Identification of opening, Advertisement, Screening of application letters, Background and reference checks, Interviews, Medical check up, and Job offer. Before going further, all administrative aspects have to be completed first.
The results show that offering sign on bonus to applicant during recruitment process become an effective way of attracting selected applicant to join the company and also to retain employee. Regardless of their background and motive of the applicant to move in to the company, sign on bonus is very efective way. Each applicant sees sign on bonus from many different angel, however, in general, cash money attracts and influences people without exception including those who already have jobs. Granting sign on bonus during recruitment process is an effective way to attract applicant regardless their background. Employee who are given sign on bonus will be retained for at least next three years and they are aware of the consequences if they quit from the company before the due date.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T25840
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 218 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T25840 15-19-793619431 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125034
Cover