UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perancangan data mart untuk ERP human resource

Alex Ferdinansyah; Budi Yuwono, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

PT X, adalah sebuah perusahaan manufacturer perabotan rumah tangga. Dengan jumlah pegawai dan buruh yang mencapai lebih dari 3.000 orang. Tiap orangnya memiliki atribut-atribut kompleks. Beberapa atribut HR yang standard meliputi; tanggal mulai bekerja, job grade, position grade, gaji, jatah cuti, pendidikan, alamat, dan masih banyak lagi. Dalam organisasi sebesar PT X, masing-masing sumber daya manusia dengan atributatribut seperti diatas tadi akan mengalami transaksi dalam jumlah besar per-bulannya.
Secara berkala sumber daya manusia akan bertambah dengan adanya rekrutmen, adanya proses promosi, demosi, transfer antar unit kerja, pengambilan cuti, pelanggaran dan lain-lain. Dengan terjadinya transaksi yang demikian kompleks dan beragam, terhadap data dasar yang tak kalah kompleksnya, diperlukan sebuah sistem yang mampu membuat laporan summary dari berbagai informasi diatas.
Laporan bersifat summary ini diperlukan oleh pihak manajemen perusahaan pengambil keputusan. Untuk menghasilkan report dengan tingkat dinamika dan akurasi yang tinggi, diperlukan sistem reporting yang sangat fleksibel dan akurat. Untuk itu diperlukan Data Mart untuk HR di PT X. Pada saat ini di PT X sedang melakukan implementasi ERP HR yang datanya akan memiliki tingkat kelengkapan dan historikal yang tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber data utama untuk Data Mart HR.
Project Akhir ini bertujuan untuk membangun sebuah rancangan Data Mart yang dapat memenuhi kebutuhan user seperti disebutkan di atas.
Hasil akhir dari Project Akhir ini yang berupa rancangan Data Mart yang dapat segera diimplementasikan. Rancangan yang akan dibangun merupakan rancangan yang fleksibel, generik dan relatif murah dalam implementasinya

PT X is a home furniture manufacturer company with employee count over 3.000 men. And every one of them has considerably complex human resource attributes such as work starting date, job grade, position grade, leaves, numeration, education, addresses etc. In an organization of PT X?s size, each human resource with their attributes as mentioned, is going to have huge transactions upon them monthly.
Over the time, the human resource count will increase with every recruitment event, promotion, demotion, staff transfer between working units, leaves, violation etc. With the complexity of the transaction and the data involved, the company will need a system that is capable of extracting the various bits of information, including summaries, that are useful for the company managers to support their decision-making process.
In order to produce such information from such data, a Data Mart is one solution. As the data source, PT X is currently implementing an HR ERP system that will maintain records of every HR transaction and data in the company. The ERP will provide data with high degree of integrity and history.
The objective of this Final Project is to build a Design of a Data Mart that cater for the general user requirements mentioned above.
The end result of the Final Project, is an implementable design of a Data Mart. The design is intended to be flexible, generic, and relatively cheap to implement.

 File Digital: 7

Shelf
 PA-57-Perancangan data-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-Literatur.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-HA.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-Bibliografi.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-Analisis.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-Abstrak.pdf :: Unduh
 PA-57-Perancangan data-Kesimpulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 64 lembar : il. ; lamp. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FASILKOM UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-496556332 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125135
Cover