UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Hubungan antara kualitas hidup dan sense of community pada warga DKI Jakarta yang tinggal di daerah rawan banjir = The relationships between quality of life and sense of community of people who lives in flooding area in Jakarta

Edesia Sekarwiri; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor (Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini berusaha untuk melihat hubungan antara kualitas hidup dan sense of community pada penduduk DKI Jakarta yang tinggal di daerah rawan banjir. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional (correlational research design). Sampel dari penelitian ini adalah 128 warga yang tinggal di Bidaracina dan Kampung Melayu. Penelitian ini menggunakan dua buah alat ukur yaitu World Health Organization Quality of Life (WHOQOL - BREF) yang dikembangkan oleh WHO dan Sense of Community Index (SCI) yang dikembangkan dari teori sense of community yang dibuat oleh McMillan dan Chavis (1986). Hasil yang di dapat adalah dimensi yang paling mempengaruhi kualitas hidup adalah dimensi kesehatan fisik. Selain itu, juga didapat bahwa rata - rata subjek memiliki sense of community yang tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi antara skor dimensi kualitas hidup dan skor dimensi sense of community, terlihat bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas hidup dan sense of community, dengan r = 0,174 - 0,283 pada level 0,05 dan 0,01 pada warga yang tinggal di daerah rawan banjir. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas hidup dan sense of community. Saran bagi penelitian lanjutan adalah dengan melakukan analisa faktor untuk mengetahui lebih lanjut hubungan kualitas hidup dan sense of community.

This research explored relationships between quality of life and sense of community of people who lives in flooding area in Jakarta, Indonesia. This was a quantitave research and used a correlational research design. The participant of this research were 128 people. This research used two instrument which are World Health Organization Quality of Life (WHOQOL - BREF) from WHO and Sense of Community Index (SCI) that developed from sense of community's by McMillan and Chavis (1986). This research found that the most influential dimension in quality of life is physical. Beside that, we also found that subjek on average have a high sense of community. Based on result of correlational test between score dimension quality of life and dimension sense of community indicates that significant correlation between quality of life and sense of community, with r = 0,174 until 0, 283 and significant at l.o.s 0,005 and 0,001. So, there is a positive correlation between quality of life and sense of community. It is suggested that future researches use factor analysis to explore further about the relationship between quality of life and sense of community.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : 362.2 SEK h
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 76 hlm; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FPSI UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
362.2 SEK h 14-21-941677119 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125247
Cover