UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara Makna Kerja dan Manajemen Diri pada Pekerja Putus HUbungan Kerja karena Pailit = Relation between meaning of working and self management of unemployment because of retrenchment

Holy Greata N. Singadimedja; Wustari Larasati Gunadi, supervisor (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara makna kerja dengan manajemen diri pada pekerja yang mengalami putus hubungan kerja karena perusahaan tempatnya bekerja tidak lagi beroperasi karena pailit. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitaif.
Hackman (1986) menggambarkan individu yang memiliki managemen diri yang tinggi sebagai individu yang memiilki inisiatif dan motivasi yang tinggi, juga tingkah laku yang produktif. O?keefe dan Berger (1999) mendefinisikan manajemen diri sebagai kemampuan seseorang untuk mengarahkan perasaan, perilaku dan pikirannya agar dapat mencapai apa yang ia inginkan.
Responden penelitian ini adalah 106 individu yang pernah mengalami putus hubungan kerja karena perusahaan tempatnya bekerja mengalami pailit. Responden berasal dari wilayah Jakarta, Bekasi, Karawang dan Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala makna kerja dan skala manajemen diri.
Penelitian menunjukan bahwa manajemen pikiran merupakan satu-satunya domain manajemen diri yang berhubungan secara signifikan dengan makna kerja. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi makna kerja akan semakin tinggi kemampuan seseorang untuk memanajemeni pikiran setelah kehilangan pekerjaan.

The purpose of this research to study the relationship between meaning of working and self management in people who lose their job because of Retrenchment. This research used quantitatif approach.
Hackman (1986) describe individuals with a high self management ability as individuals who has a high level motivation and productive behavior. O?Keefe & Berger (1999) define self management as the ability to take charge of our affect, behavior and cognition in order to accomplish our goal. It is directing oneself in a purposeful manner so that our reality begins to resemble our wish list.
Respondents of the study were 106 people who lost their job because of retrenchment from Jakarta, Bekasi, Karawang and Tangerang. The data collected by using Self Management Scale and Meaning of Working. Results indicate that cognition was the only significant self management measure that was positively correlated with meaning of working measure.
This research were proven that self management and meaning of work is related and the a high meaning of work indicate a higher cognition management ability of an individual who lose a job.

 File Digital: 8

Shelf
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-HA.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Metodologi.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Abstrak.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Bibliografi.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Literatur.pdf :: Unduh
 658.314 22 SIN h - Hubungan antara-Anlisis.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 81 pages; ilustration; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-561878504 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125305
Cover