UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif hernia nucleus pulposus (HNP) pada perawat unit IGD, operasi, kebidanan dan syaraf di Rumah Sakit Dr. H. Abdul Moeloek Propinsi Lampung

Ami Kesumaningtyas; Robiana Modjo, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan subjektif Hernia Nucleus Pulposus (HNP) pada Perawat. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifar cross sectional dan observasi. Sampel penelitian ini adalah perawat yang bekerja di unit yang paling sering terpajan oleh postur membungkuk (bending), memutar (twisting), berdiri (standing), mendorong (pushing), menarik (pulling) dan mengangkat beban berat (heavy liiting) sebesar 60 sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kai square atau uji x2. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara mengangkat beban berat dan riwayat penyakit terdahulu dengan keluhan hernia nucleus pulposus (HNP).

This research purposes to know about risk factors of hernia nucleus pulposus (HNP) in nurses. This research uses cross sectional methode and observation. The sample of this research is nurse who works with almost bending, twisting, standing, pushing and pulling postures and heavy lifting with 60 samples. The analysis of this research uses chi square or x2. The results of this research show there are any related factors among hernia nucleus pulposus (HNP) with heavy lifting and musculosceletal disorders history.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S5666
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 47 lembar: il.; 27 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S5666 14-21-156863254 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125311
Cover