UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Gambaran kompetensi perawat ICU dan HCU serta hubungannya dengan pendidikan, pelatihan dan pengalaman di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih tahun 2009

Rahmika Fitri; Amal Chalik Sjaaf, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai kompetensi perawat ICU dan HCU yang diterapkan pada rumah sakit sesuai atau tidak dengan standar departemen kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi perawat ICU dan HCU serta Hubungannya dengan Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman. Pengumpulan data dengan form sebagai instrumen untuk melihat gambaran kompetensi sesuai standar atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian mengatakan bahwa kompetensi perawat yang memenuhi standar sebanyak 56 %. Untuk hubungan antara pelatihan dan kompetensi perawat didapat hasil p value = 0,001 yang artinya ada hubungan yang bermakna antara pelatihan dan kompetensi perawat Icu dan HCU. Hasil penelitian menyarankan untuk mengevaluasi lebih lanjut kompetensi perawat khususnya pada perawat intensif dan diharapkan pihak manajemen rumah sakit lebih banyak memberi pelatihan-pelatihan terhadap perawat baik yang telah bekerja lebih lama atau pekerja yang masih baru.

This essay discusses the competency of the HCU and ICU nurses who applied to the hospital or not in accordance with health department standards. Goal of this research is to know the description of competency HCU and ICU nurses and the relationship with the Education, Training and Experience. Collecting data with the instrument as a form to view a description of competence according to standard or not. This research is a quantitative research with cross sectional approach. Said that the results of research nurses who meet the competency standards as much as 56%. For the relationship between training and competence of nurses obtained p value = 0.001 which means that no meaningful relationship between the training and competency HCU and ICU nurses. Results suggest that research to further evaluate the competency of nurses, especially nurses and intensive management expected the hospital to provide more training for both nurses who have worked longer or workers who are still new.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 108 lembar.: il; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-17-786632610 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125514
Cover