UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara gejala-gejala menopause dan kepuasan perkawinan pada wanita yang sudah menopause = The relationship between menopausal symptoms and marital satisfaction in post-menopause women

Ditya Prawasti; Ina Saraswati, supervisor; Augustine Rizal Basri, examiner; Fivi Nurwianti, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara gejala-gejala menopause dan kepuasan perkawinan pada wanita. Terdapat 60 wanita menopause yang berpartisipasi sebagai subyek di dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan terjemahan dan adaptasi dari Dyadic Adjustment Scale untuk mengukur kepuasan perkawinan, dan terjemahan dari Menopause Rating Scale untuk mengukur gejala-gejala menopause. Data diolah dengan menggunakan analisis Pearson's Correlation.
Hasil analisa mengungkapkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara gejala-gejala menopause dan kepuasan perkawinan pada wanita. Selain itu, terdapat pula hubungan negatif yang signifikan antara gejala-gejala menopause dan ketiga aspek yang terdapat dalam kepuasan perkawinan, yaitu persetujuan bersama, kepuasan hati, dan persamaan serta kebersamaan. Hasil penelitian menyarankan bahwa sebaiknya para wanita dapat lebih memahami tentang gejala-gejala menopause agar dapat mengantisipasi segala keluhannya dan wanita juga diharapkan dapat lebih terbuka dengan suami akan proses menopause yang dialami.

The aim of this study is to observe whether there is a relationship between menopausal symptoms and marital satisfaction. There were 60 menopause women who participated in this study. The current study used the translation and the adaptation from the Dyadic Adjustment Scale to measure marital satisfaction and the translation from Menopause Rating Scale to assess menopausal symptoms. The Data was analysed by using Pearson's correlation analysis.
The results revealed that there was a significant negative relationship between menopausal symptoms and marital satisfaction. Moreover, there were also significant negative relationships between menopausal symptoms and three aspects in marital satisfaction, which are consensus, satisfaction, and cohesion. Furthermore, the study suggested that women should be completely aware of menopausal symptoms to deal with the problems. Besides that, women should be more approachable to their husbands about the menopausal symptoms and problems.

 File Digital: 9

Shelf
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Bibliografi.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Analisis.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Literatur.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Lampiran.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Metodologi.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-Abstrak.pdf :: Unduh
 305.4 PRA h - Hubungan Antara-HA.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 74 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-740200291 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125615
Cover