UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Hubungan faktor anak dan faktor ibu dengan konsumsi suplemen di SD Islam Al Azhar 17 Bintaro Tangerang tahun 2009

Evi Firna; Trini Sudiarti, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pemberian suplemen pada anak kini dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting karena dipercaya dapat menjaga kesehatan anak. Padahal, penggunaan suplemen yang tidak tepat dapat menyebabkan keracunan. Terlebih lagi jika terjadi kelebihan dosis. Penelitian Sari (2004) menyebutkan bahwa konsumsi suplemen zat gizi anak cukup tinggi yaitu sekitar 70% anak usia sekolah mengonsumsi suplemen dalam 1 bulan terakhir. Begitu juga dengan penelitian Leiliana (2008) yang menunjukkan bahwa 64.7% anak usia sekolah mengonsumsi suplemen dalam 1 bulan terakhir. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi suplemen pada anak SD.
Disain penelitian yang digunakan adalah crossectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2009 dengan sampel 115 siswa kelas IV dan V SD Islam Al Azhar 17 Bintaro Tangerang. Data yang dikumpulkan meliputi data tentang konsumsi suplemen yang didapat melalui pengisian kuesioner oleh anak dan ibu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 44.3% anak memiliki status gizi yang tidak normal, yaitu 6.1% gizi kurang, 21.7% gizi lebih dan 16.5% obesitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa bahwa 61.7% siswa mengonsumsi suplemen dalam satu bulan terakhir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsumsi suplemen anak berhubungan dengan konsumsi suplemen pada ibu dan pengetahuan ibu.

Giving supplement is believed as something important because it can keep children healthy. Inappropriate using of supplement can cause poisonous. Moreover if it consume more than the needs. Sari's research (2004) mentioned that supplement consumption is high enough, roundabout 70% children in elementary school consume of supplement in 1 lately month. Likewise, Leiliana's research (2008) indicated that 64.7% children in elementary school consume supplement in 1 lately month. Because of that, the purpose from this research is to know description and factors that related with supplement consumption in elementary school.
The design of this research is crossectional. This research on Mei 2009 with 115 sample from forth and fifth grade in Al Azhar 17 Islamic Elementary School Bintaro Tangerang. Data that was collected is about supplement consumption from mother and children questionnaire.
This research showed that 44.3% have abnormal nutrition states, such as 6.1% underweight, 21.7% overweight and 16.5% obesity. Beside that, this research showed that 61.7% student consume supplement in 1 lately month. This research conclude that children supplement consumption related with children supplement consumption are mother supplement consumption and mother nutrition knowledge.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 121 lembar: ilus., 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-130885691 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125813
Cover