UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pemberian MP-ASI dini dan hubungannya dengan kejadian infeksi pada bayi 0-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Cipayung, Kota Depok tahun 2009

Albertus Setiawan; Endang L. Achadi, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya persentase ASI eksklusif dan tingginya persentase pemberian MP-ASI dini pada bayi 0-6 bulan di wilayah kerja puskesmas Cipayung. Tujuan penelitian adalah mengetahui prevalensi pemberian MP-ASI dini dan hubungannya dengan kejadian infeksi pada bayi 0-6 bulan di wilayah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik yang menggali bagaimana dan mengapa kejadian infeksi pada bayi 0-6 bulan dan pemberian MP-ASI dini terjadi. Rancangan penelitian dengan cross sectional.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa prevalensi penyakit infeksi pada bayi 0-6 bulan masih tinggi (48,8%). Prevalensi pemberian MP-ASI dini lebih dari separo bayi sebelum umur 6 bulan, bahkan lebih dari sepertiga bayi telah mendapat MPASI pada umur 0 bulan. Faktor-faktor yang berhubungan secara bermakna dengan kejadian infeksi adalah pemberian ASI parsial dan status imunisasi bayi, sementara faktor lain tidak bermakna.

The problems of this research are the low percentage of exclusive breastfeeding and the high percentage of early complementary breastfeeding of infants 0-6 months in workplace of Cipayung Public Health Center. The objective of the research is to identify early complementary breastfeeding prevalency and its relationship with infection accident of infants 0-6 months in the area. This research is analitical research digging how and why the infection accident of infants 0-6 month and early complementary breastfeeding happened. Research was designed by cross sectional study.
The result of the research concluded that the infection disease prevalency in infants 0-6 months is still high (48.8%). It also concluded that early complementary breastfeeding prevalency is more than 50% on under 6 months infants, and even more than one-third of the infants have taken early complementary breastfeeding in 0 month. The factors significantly related to the infection accident are partial breastfeeding and infants immunization status, while other factors are ignorable.

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Open
No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 83 lembar; il.; 27 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-859431786 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126490
Cover