UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perancangan e-Dealer sebagai acuan implemntasi e-Business pada bisnis dealer kendaraan

Muhammad Faruq Ulinuha; Sensuse, Dana Indra, supervisor; Eko Kuswardono Budiardjo, examiner; Rizal Fathoni Aji, examiner (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Peran Internet saat ini telah banyak memberikan manfaat di dalam bisnis, mulai dari peningkatan efisiensi waktu, komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik, hingga pencapaian efisiensi biaya yang signifikan. Melihat potensi ini, pihak manajemen CV.X tertarik untuk memperluas pangsa pasar bisnis melalui pemanfaatan Internet dengan membangun sebuah solusi E-dealer. Berdasarkan inisiatif tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yakni merancang solusi E-dealer yang tepat yang dapat dijadikan acuan peng- implementasian e-business pada bisnis dealer motor CV.X. Perancangan solusi E-dealer diawali dengan membangun strategi bisnis yang cocok untuk diterapkan pada E-dealer. Strategi tersebut dibangun berdasarkan hasil analisis terhadap tren, pelanggan, persaingan di dalam industri, dan kondisi bisnis saat ini meliputi faktor internal yakni kekuatan dan kelemahan perusahaan maupun faktor eksternal yakni peluang dan ancaman yang ada di dalam industri. Fungsionalitas yang ada pada solusi E-dealer diturunkan dari peluang-peluang yang dapat diberikan kepada pelanggan berdasarkan prosesproses yang dilakukan dengan mengacu pada value proposition yang dibangun. Perancangan solusi E-dealer dilakukan menggunakan pola-pola e-business yang terdiri dari arsitektur konsepsual, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknis.

Today, role of the Internet has given many benefits in business such as increasing time efficiency, better communication and collaboration, and significant gain in achieving greater cost efficiencies. From these opportunities, the management has taken an interest to expand its business market by utilizing the Internet through E-dealer solution. Based on this initiative, the aim of this research is to design a model of E-dealer solution so that it can become a reference of e-business implementation in the organization. The design process started from building the business strategy for Edealer. The strategy was built based on trends, customers, competitions in industry, and business conditions analysis. Functionalities of the solution were derived from the opportunities that can be given to the customers according to their processes and the developed value proposition. The solution was designed by using e-business patterns consisting of conceptual architecture, application architecture, and technical architecture.

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 112 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-622115575 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126506
Cover