UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa dan perancangan IT governance untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pada proyek EPC (engineering procurement and construction)studi kasus: PT. Pertafenikki Engineering

Rahayu Ary Yuniarti; Benny Ranti, supervisor (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Investasi dibidang TI cenderung mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan akan teknologi dan informasi yang kian meningkat. Dalam era teknologi dan informasi saat ini, perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas layanan maupun produknya. Dan TI merupakan alat strategis untuk dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Sehingga tak heran investasi yang dikeluarkan untuk TI tidaklah sedikit. Dan diharapkan investasi yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan jalan pengelolaan sumber daya TI yang optimal. Untuk itu penelitian ini di tujukan agar perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan keefektivan dalam pengelolaan sumber daya TI dan sesuai dengan tujuan strategis dari perusahaan, khususnya untuk perusahaan yang berbasiskan proyek yang bergerak di bidang EPC (Engineering Procurement and Construction). Hal tersebut akan di lakukan dengan cara menganalisa dan merancang struktur IT Governance yang sesuai dengan karakteristik proyek-proyek EPC. Pendekatan yang digunakan dalam rancangan IT Governance tersebut akan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kerangka kerja yang berorientasi proyek; PMBOK (Project Management Body of Knowledge) dan pendekatan kerangka kerja yang menjadi standar industri; COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Kedua pendekatan yang berbeda tersebut dapat saling melengkapi dalam menganalisa dan merancang IT Governance suatu perusahaan yang berorientasi proyek. IT Governance yang dirancang dengan pendekatan kerangka kerja COBIT dan PMBOK ini memberikan arahan dan langkah-langkah yang cukup jelas dalam merealisasikan fungsi-fungsi pengelolaan sumber daya TI. Hal tersebut tertuang dalam bentuk aktifitas yang dapat dilakukan oleh organisasi dalam mengelola fungsi dan sumber daya TI. Begitu pula dengan tindakan-tindakan yang bersifat pemantauan (monitoring) untuk melakukan kontrol terhadap proses-proses TI yang telah diterapkan dengan menetapkan tingkat maturitas yang diinginkan, CSF (Critical Success Factors), KPI (Key Performance Indicators) dan KGI (Key Goal Indicators).

Investment in IT sector tends to increase following the increasing needs on technology and information system. On the era of technology and information, the company is required to improve both service quality and product performance. IT is a strategic tool that could improve the company performance. Therefore a company may invest a lot of money for its IT sector which in return the investment could improve company?s performance with optimum IT resources management. Research is done for the company for increasing the efficiency and effectiveness on managing the IT resource that suitable with a company's strategic vision, especially the one which based on Engineering Procurement and Construction Project. The research will be done by analyzing and designing the IT Governance which is suitable with the EPC project characteristics. There are two approaches used to design IT Governance. First, PMBOK (Project Management Body of Knowledge) and the other one is COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Those two different approaches could complete to each other both the analysis and design of IT Governance of a company with project orientation IT Governance, which is designed by using both COBIT and PMBOK approaches, gives guidelines in managing the IT resource. Those guidelines are based on activities that organization can maintain. And also monitoring activities to control implemented IT processes such as level of maturity, CSF (Critical Success Factors), KPI (Key Performance Indicators) and KGI (Key Goal Indicators).

 File Digital: 8

Shelf
 T-604-Analisa dan perancangan-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Literatur.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-HA.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Analisis.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Metodologi.pdf :: Unduh
 T-604-Analisa dan perancangan-Abstrak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 111 lembar : il. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-671776763 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126648
Cover