UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemetaan dan identifikasi permasalahan tata kelola TI menggunakan beberapa kerangka kerja studi kasus: Direktorat Jederal Pajak RI

Yulie Astanto; Budi Yuwono, supervisor; Arrianto Muki Wibowo, supervisor (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Penerapan Good Governance (tata kelola yang baik) pada sektor pemerintahan, khususnya sektor layanan publik memiliki tingkat urgensi yang sama tinggi dengan sektor korporat. Tuntutan akan akuntabilitas dan transparansi, baik dari stakeholder maupun masyarakat luas, membutuhkan suatu perangkat pendukung terciptanya tata kelola yang baik di dalam organisasi. Tata Kelola TI, tidak terbantahkan lagi, memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung terciptanya Tata Kelola Organisasi yang baik Penelitian ini menyoroti tata kelola TI di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai salah satu organisasi pemerintah sekaligus layanan publik dengan intensitas penggunaan TI yang tinggi di Indonesia. Penulisan penelitian bersifat studi kasus dan secara kualitatif dan eksploratif merumuskan struktur, proses, dan mekanisme pada tempat studi kasus secara deskriptif Dalam melakukan pemetaan digunakan kerangka kerja Centre for Information System Research (CISR) MIT, untuk mengetahui struktur, proses dalam pengambilan keputusan, dan mekanisme dalam tata kelola TI. Identifikasi permasalahan berkaitan dengan implementasi TI dilakukan dengan menganalisa Tata Kelola TI menggunakan beberapa kerangka kerja. Hasil pemetaan dan analisa diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman yang komprehensif tentang penatakelolaan TI sehingga memudahkan organisasi dalam mengidentifkasi permasalahan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap aspek penatakelolaan TI.

The implementation of good corporate governance in the public sector has the same importance as a corporate sector. The arraignment of accountability and transparency either from stakeholder or the public society lacked for support to create good governance in the public organization. This research focused on the IT Governance which is implemented in Directorate General of Tax (DJP) as a public service organization which has high IT intensity in Indonesia. This research used CISR framework to maps structure, process, and relational mechanisms in making IT decisions and used another frameworks in order to analyze the problems in the IT organization due to the lack of understanding of IT Governance. The methodology of this research was a case study and qualitatively formulate structure, process, and relational mechanisms in such a way that can increase the understanding of IT Governance in DJP. Based on the research, researcher hoped that organization could identify the IT Governance problems of the organizations through Organization IT Governance mapping and analyze the mapping used the frameworks implemented.

 File Digital: 8

Shelf
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Metodologi.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Abstrak.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-HA.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Literatur.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Lampiran.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T-611-Pemetaan dan identifikasi-Bibliografi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-611
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 114 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-611 15-19-266145315 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126706
Cover